Apa Itu KUR Super Mikro? Pembiayaan dengan Suku Bunga Rendah untuk UMKM Pemula
UMKM (ekon.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Indonesia terus berfokus untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui program KUR Super Mikro. KUR ini dihadirkan sebagai kredit yang mudah dan murah bagi masyarakat, terutama pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Apa itu KUR Super Mikro?

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, terus mendorong para pelaku UMKM pemula untuk memanfaatkan KUR, khususnya KUR Super Mikro. KUR ini memang diperuntukkan kepada UMKM produktif yang belum punya cukup agunan untuk mengajukan pembiayaan, biasa disebut feasible namun unbankable. 

Airlangga Hartarto mengatakan KUR Super Mikro dioptimalkan bagi pekerja yang terkena layoff atau PHK dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha produktif. Seperti apa ketentuan KUR Super Mikro?

Apa Itu KUR Super Mikro

KUR Super Mikro adalah program kredit yang disediakan oleh pemerintah dengan subsidi bunga untuk meringankan kreditur. Subsidi bunga/subsidi marjin yang diberikan kepada debitur KUR yakni termasuk penjaminan kredit, sehingga masyarakat yang membutuhkannya mudah mengaksesnya. 

Penyaluran utama KUR ini adalah untuk membantu UMKM produktif yang belum memiliki cukup agunan untuk mengakses kredit. Pemerintah terus mendorong agar pelaku UMKM memanfaatkan KUR Super Mikro, khususnya bagi UMKM pemula. KUR Super Mikro dioptimalkan bagi pekerja yang terkena PHK dan IRT yang menjalankan usaha produktif. 

Suku Bunga KUR Super Mikro

Pemerintah menurunkan suku bunga/marjin KUR Super Mikro pada tahun 2023 dari 6% menjadi sebesar 3% efektif per tahun. Kebijakan ini diambil untuk meningkatkan debitur baru dan memperluas akses pembiayaan bagi UMKM. 

“Pemerintah menurunkan tingkat suku bunga KUR super mikro menjadi 3 persen untuk menghadapi risiko stagflasi serta wujud keberpihakan kepada pekerja terkena PHK dan ibu rumah tangga yang menjalankan usaha produktif,” ucap Airlangga dalam keterangan resmi, Minggu (19/3/2023).

Ketentuan Mendapatkan KUR Super Mikro

Persyaratan untuk mengakses KUR Super Mikro juga lebih mudah dibandingkan program kredit pada umumnya. Tidak ada persyaratan lama usaha minimal 6 bulan seperti pada skema KUR lainnya. Calon kreditur cukup dengan memiliki bukti telah mengikuti pelatihan atau adanya pendampingan dari keluarga yang sudah memiliki usaha. 

Berapa Besar Pinjaman KUR Super Mikro?

Penyaluran KUR di tahun 2023 ditargetkan sebesar Rp450 triliun, menyesuaikan dengan kecukupan APBN tahun ini. Pemerintah juga menetapkan target penambahan debitur baru KUR, paling sedikit 2,36 juta debitur. 

Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan bahwa penetapan target tersebut bertujuan untuk mendorong peningkatan porsi kredit UMKM terhadap kredit perbankan menjadi minimal 30 persen pada 2024.

Pemerintah terus mendorong peningkatan porsi kredit UMKM terhadap kredit perbankan sesuai dengan ketentuan dan kebijakan kita menjadi minimal 30% pada tahun 2024. Pencapaian target porsi kredit UMKM ini diharapkan dapat mempercepat penciptaan usaha baru di sektor UMKM, serta mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran,”  kata Susiwijono.

Plafon pinjaman yang disediakan dalam KUR Super Mikro yakni maksimal Rp10 juta. Besaran pinjaman tersebut hanya diberikan kepada calon debitur yang belum pernah mendaftar atau mengakses pembiayaan KUR. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu KUR Super Mikro dan ketentuan pengajuan dan pembiayaannya. KUR ini dihadirkan guna memudahkan UMKM pemula yang belum memiliki cukup agunan untuk bisa mengakses pembiayaan. Program ini juga dioptimalkan kepada pekerja terkena PHK dan IRT yang memiliki usaha produktif. Dengan adanya program ini diharapkan UMKM yang feasible namun unbankable, bisa semakin bertumbuh dengan bantuan pembiayaan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.