<i>Startup</i> China Berkompetisi Ingin Jadi Alternatif Silicon Valley Bank
Dolar (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Runtuhnya Silicon Valley Bank menjadi perebutan perusahaan-perusahaan rintisan (startup) China, pengusaha dan dana ventura untuk mencari alternatif memberi pembiayaan.

Padahal, regulator AS sudah berusaha mencegah krisis perbankan dengan menjamin semua simpanan bank bermasalah.

Perusahaan rintisan dan pengelola dana China mengatakan mereka masih ingin memindahkan uang mereka dari SVB begitu mereka bisa. Beberapa dari mereka beralih ke bank AS yang lebih besar, sementara beberapa pemberi pinjaman China seperti China Merchants Bank dan Industrial & Commercial Bank of China juga bergegas untuk mengisi kekosongan tersebut.

Bank-bank tersebut telah menawarkan layanan rekening yang mirip dengan SVB, tetapi sulit untuk mematahkan dominasi bank AS di antara perusahaan rintisan tahap awal di China, di mana SVB telah beroperasi selama lebih dari dua dekade dan memiliki usaha patungan lokal.

Karena SVB adalah salah satu dari sedikit bank yang memudahkan pemula untuk membuka rekening bank untuk pembiayaan dolar, itu adalah bank asing pilihan yang dominan untuk perusahaan muda di China, kata para penasihat dan perusahaanperusahaan.

"China Merchants Bank memberi tahu kami bahwa mereka dapat menyiapkan rekening luar negeri untuk kami dalam waktu seminggu," kata salah satu pendiri perusahaan rintisan yang bermarga Hong, menggambarkan bagaimana dia telah ditawari sejumlah proposal oleh bank, termasuk Zheshang Bank. untuk menyelesaikan masalahnya dengan SVB.

CMB, ICBC dan Zheshang Bank tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pada Minggu, 12 Maret malam, regulator perbankan AS bergerak cepat untuk mendukung semua simpanan di SVB, yang ditutup pada Jumat, 10 Maret, menghilangkan kekhawatiran bahwa perusahaan rintisan akan kesulitan membayar karyawan mereka minggu ini.

Namun, Wu Yujun, kepala eksekutif di platform perbankan start-up QBIT yang berbasis di Hangzhou, mengatakan dalam tiga hari terakhir telah menerima enam kali lebih banyak pertanyaan tentang pembuatan akun seperti biasanya, kebanyakan dari nasabah SVB.

CB International Bank, bank yang berkantor pusat di AS yang melayani terutama perusahaan kecil dan menengah Asia, mengatakan telah dihubungi oleh banyak perusahaan baru dan dana dolar AS yang ingin membuka rekening dengan cepat sehingga mereka dapat menyimpan dana yang telah mereka tarik, atau merencanakan untuk menarik diri dari SVB.

Ketua CB International Bank, Sam Su mengatakan perusahaan juga meminta perusahaan untuk mempertimbangkan mengubah kepemilikan dolar AS mereka menjadi simpanan RMB (renminbi) luar negeri untuk mendiversifikasi risiko.

Beberapa dana ventura mengatakan mereka berada dalam kebingungan karena SVB memiliki keunggulan tertentu dan sangat bersahabat dengan perusahaan rintisan tahap awal.

"Kami masih mencari bank yang dapat kami buka rekening dengan aman," kata seorang eksekutif di dana modal ventura China dengan deposito di SVB yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang berbicara kepada media.

"Tidak banyak bank yang ramah terhadap modal ventura," tambahnya.

China adalah rumah bagi ribuan perusahaan baru dan investasi modal ventura diperkirakan akan pulih secara bertahap tahun ini setelah pendanaan pada 2022 terpukul oleh kebijakan nol-COVID negara itu, kemerosotan pasar saham, dan ketegangan AS-China.

"Penarikan adalah opsi termudah tetapi tidak ada bankir lain di AS yang menyediakan tingkat layanan yang biasa ditawarkan SVB," kata seorang eksekutif di bank investasi besar China, yang memiliki simpanan di SVB melalui unit private equity-nya, menambahkan bahwa prioritas bank adalah memiliki setidaknya "beberapa akun" di Amerika Serikat.

Ke depan, "setiap orang perlu menyiapkan dua akun - satu untuk modal dalam negeri dan satu lagi untuk modal asing," kata Stephen Chen, salah satu pendiri perusahaan rintisan Lead Digital yang berbasis di Shanghai.

"Tetapi ruang pasar yang ditinggalkan SVB akan diisi oleh bank berikutnya, yang merupakan peluang," kata Chen, yang perusahaannya memperkirakan Sequoia Capital China dan Wu Capital di antara investor dan banknya dengan SVB.