Picu Ketakutan Krisis, Saham Bank Global Berjatuhan Terkena Guncangan SVB
Ilustrasi saham (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB) menyerang saham-saham bank global pada perdagangan Selasa, 14 Maret.

Kejatuhan saham-saham global dikarenakan jaminan dari Presiden AS Joe Biden dan pembuatan kebijakan lainnya tidak banyak membantu menenangkan pasar dan mendorong pemikiran ulang tentang prospek suku bunga.

Upaya Biden untuk meyakinkan pasar dan deposan dilakukan setelah tindakan darurat AS untuk menopang bank dengan memberi mereka akses ke pendanaan tambahan gagal menghilangkan kekhawatiran investor tentang potensi penularan ke pemberi pinjaman lain di seluruh dunia.

Saham perbankan di Asia memperpanjang penurunan, dengan bank besar Australia ANZ, Westpac dan NAB semuanya turun lebih dari 2,0 persen dan subindeks perbankan Jepang anjlok 6,7 persen pada awal perdagangan ke level terendah sejak Desember.

Perlombaan sengit untuk mengubah ekspektasi suku bunga juga mengirimkan gelombang melalui pasar karena investor bertaruh Federal Reserve akan enggan untuk menaikkannya minggu depan.

"Bahkan sekalipun keruntuhan beberapa bank kelas menengah tidak berkembang menjadi krisis sistemik besar-besaran, kemungkinan besar akan memicu krisis kredit," kata Paul Ashworth, Kepala Ekonom Amerika Utara di Capital Economics.

Pedagang saat ini melihat peluang 50 persen tidak ada kenaikan suku bunga pada pertemuan bulan ini, dengan pemotongan suku bunga untuk paruh kedua tahun ini. Awal pekan lalu, kenaikan 25 basis poin telah diperkirakan sepenuhnya, dengan peluang 70 persen untuk kenaikan 50 basis poin.

Dengan kekhawatiran investor akan kegagalan tambahan, bank-bank besar AS kehilangan sekitar 90 miliar dolar AS nilai pasar saham pada Senin (13/3/2023), membawa kerugian mereka selama tiga sesi perdagangan terakhir menjadi hampir 190 miliar dolar AS.

Bank-bank regional AS paling terpukul. Saham First Republic Bank anjlok lebih dari 60 persen karena berita pembiayaan baru gagal meyakinkan investor, begitu pula Western Alliance Bancorp dan PacWest Bancorp.

Indeks perbankan STOXX Eropa ditutup 5,7 persen lebih rendah. Commerzbank Jerman terpangkas 12,7 persen dan Credit Suisse jatuh 9,6 persen ke rekor terendah.

Biden mengatakan tindakan pemerintahannya berarti "orang Amerika dapat memiliki keyakinan bahwa sistem perbankan aman," sementara juga menjanjikan peraturan yang lebih ketat setelah kegagalan bank AS terbesar sejak krisis keuangan 2008.

"Simpanan Anda akan ada saat Anda membutuhkannya," katanya.

SVB dan Signature Bank adalah kegagalan bank pertama sejak 2020.

Nasabah SVB akan memiliki akses ke semua simpanan mereka mulai Senin (13/3/2023) dan regulator menyiapkan fasilitas baru untuk memberi bank-bank akses ke dana darurat. The Fed mempermudah bank-bank untuk meminjam darinya dalam keadaan darurat.

Regulator bank AS berusaha meyakinkan para nasabah yang gelisah pada Senin (13/3/2023) yang berbaris di luar kantor pusat SVB di Santa Clara, California, menawarkan kopi dan donat.

"Jangan ragu untuk bertransaksi seperti biasa. Kami hanya meminta sedikit waktu karena volumenya," kata karyawan FDIC (Federal Deposit Insurance Corporation) Luis Mayorga kepada para nasabah yang menunggu.

Regulator juga bergerak cepat untuk menutup Signature Bank New York, yang mendapat tekanan dalam beberapa hari terakhir.

"Penyelidikan serius perlu dilakukan tentang mengapa regulator melewatkan tanda bahaya ... dan apa yang perlu dirombak," kata Mark Sobel, mantan pejabat senior Departemen Keuangan dan ketua Forum Resmi Lembaga Keuangan dan Moneter AS, sebuah wadah pemikir.

Di pasar uang, indikator risiko kredit di AS dan sistem perbankan zona euro naik tipis.

Didorong oleh taruhan bahwa Fed mungkin harus memperlambat kenaikan suku bunganya, harga emas, tempat berlindung yang aman berpacu di atas level kunci 1.900 dolar AS.

Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia dengan akun SVB bergegas menilai dampaknya terhadap keuangan mereka. Di Jerman, bank sentral mengadakan tim krisisnya untuk menilai dampak apa pun.

Setelah pembicaraan maraton akhir pekan, HSBC mengatakan membeli cabang SVB Inggris seharga satu pound (1,21 dolar AS).

Sementara SVB Inggris kecil, kematiannya yang tiba-tiba mendorong seruan bantuan pemerintah untuk industri rintisan Inggris, dan sektor bioteknya yang sangat terekspos pada khususnya.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan tidak ada kekhawatiran tentang risiko sistemik. "Bank kami memiliki permodalan yang baik, likuiditasnya kuat," kata Sunak kepada ITV saat berkunjung ke Amerika Serikat.

Di China, di mana SVB adalah bank asing utama untuk sebagian besar perusahaan baru, pengusaha dan dana ventura juga berebut untuk pendanaan alternatif.