Dampak Sillicon Valley Bank Bangkrut, Perusahaan Teknologi hingga UMKM Kelimpungan
Ilustrasi Sillicon Valley Bank bangkrut (foto: Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kabar buruk dunia perekonomian datang dari Silicon Valley Bank (SVB), bank yang berkantor pusat di Santa Clara, California. SVB terpaksa kolaps atau bangkrut setelah 48 jam mengalami krisis modal pada Jumat (10/3/2023). Lantas apa dampak Silicon Valley Bank bangkrut?

Otoritas berwenang California menutup Silicon Valley Bank akibat kebangkrutan bank terbesar ke-16 di Amerika Serikat (AS). Krisis modal SVB dipicu oleh suku bunga tinggi The Fed, sehingga membuat para deposan menarik uang sejumlah 42 miliar dolar AS. 

Kebangkrutan secara mendadak Silicon Valley Bank memberikan gelombang kejut ke seluruh dunia. Pasalnya SVB merupakan bank yang menyediakan pembiayaan untuk hampir setengah dari perusahan teknologi dan perawatan kesehatan yang didukung oleh perusahaan ventura di AS. 

Dampak Silicon Valley Bangkrut

Kebangkrutan Silicon Valley Bank tidak hanya menimbulkan kesulitan bagi pebisnis dan UMKM, namun juga para tenaga kerjanya. Meski tidak terlalu dikenal di luar Silicon Valley, bank ini salah satu menjadi pemberi pinjaman terbesar bagi berbagai perusahaan di AS, mulai dari Pinterest, Roku, Etsy, dan Shopify.

  • E-Commerce Etsy Tunda Pembayaran

Pihak Etsy, platform belanja online, mengatakan bahwa baru-baru ini mengalami penundaan pembayaran ke beberapa penjual akibat kebangkrutan Silicon Valley Bank. Dampak ini pun menimpa pemilih usaha kecil dan penjual di Etsy. 

  • Berdampak ke Produsen Anggur

Kejatuhan SVB tidak hanya mengguncang stabilitas startup. Kebangkruan SVB juga menimbulkan dampak bagi industri penting lainnya di California, seperti produsen anggur berkualitas. Pasalnya, SVB sudah menyuplai pinjaman yang berperan dalam operasional kebun anggur sejak 1990-an. 

Jasmine, Hirsch, manajer umum kebun Anggur Hirsch di Sonoma County California, menyatakan kekecewaan besar atas kebangkrutan SVB. Hirsch mengkhawatirkan efek yang lebih luas bagi penjual anggur kecil yang mencari pinjaman untuk usahanya. 

  • Shelf Engine Kesulitan Bayar Gaji Karyawan

Dampak kebangkrutan SVB juga dirasakan oleh Shelf Engine yang memiliki setiap sen di bank tersebut. Stefan Kalb, CEO Shelf Engine, tengah mencari cara membayar gaji karyawan dibanding fokus pada bisnis startup-nya. Stefan mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa berpotensi memaksa pihaknya untuk merumahkan karyawan hingga keadaan kembali stabil.

  • Overture Life Kesulitan Bayar Gaji Karyawan

Martin Varsavsky, pemilih perusahaan Overture Life, juga turut terkena imbas kebangkrutan SVB. Martin mengatakan jika pemerintah mengizinkan orang untuk menarik setengah uang yang dimiliki di SVB minggu depan, maka semuanya bisa baik-baik saja. Namun jika tetap pada 250.000 dolar AS, ia mengatakan akan banyak perusahaan yang tidak mampu membayar gaji karyawan. 

Sementara itu pihak Roku, perusahaan yang memproduksi perangkat media digital, memperkirakan kebangkrutan SVB tidak berdampak pada operasinya. Roku masih memiliki akses ke US$1,4 miliar dalam bentuk tunai dan setara kas, yang didistribusikan ke berbagai lembaga keuangan besar.

Senator Alex Padilla membuat sebuah cuitan mengenai dampak luas akibat kebangkrutan SVB jika regulator tidak bertindak cepat.

“Jika regulator tidak bertindak cepat, kejatuhan Silicon valley Bank akan memiliki konsekuensi luas untuk usaha kecil, startup, dan organisasi nirlaba serta perekonomian kita yang lebih luas,” tulis cuitan Senator Alex Padilla. 

Langkah Mengatasi Kebangkrutan Silicon Valley Bank

Gavin Newson Gubernur California telah telah berbicara dengan Gedung Putih untuk melakukan upaya menstabilkan situasi akibat kolaps yang dialami oleh Silicon Valley Bank. Gavin Newson berharap bisa diambil tindakan secepat mungkin untuk melindungi para tenaga kerja, mata pencarian masyarakat, dan seluruh ekosistem inovasi yang berperan dalam perekonomian AS. 

Deposan AS dengan simpanan kurang dari US$250.000 di Silicon Valley Bank bisa menggunakan asuransi yang disediakan oleh Federal Deposit Insurance Corp (FDIC). Sementara itu, regulator tersebut masih mencari pembeli untuk bank tersebut.

Bank of England (BOE) menyatakan bahwa pihaknya akan segera menempatkan SVB UK dalam prosedur kebangkrutannya. Pihaknya akan membayar deposan yang memenuhi syarat hingga 170.000 poundsterling untuk rekening bersama secepat mungkin. Selain itu, BOE juga mengungkapkan akan menjual aset SVB UK untuk membayar kreditur. 

Demikianlah ulasan mengenai dampak Silicon Valley Bank bangkrut. Kejatuhan SVB menimbulkan dampak bagi banyak bisnis, khususnya startup dan perusahaan teknologi. Para pengusaha meminta agar pemerintah segera mengambil langkah yang bijak secepatnya untuk mengatasi kondisi yang tidak stabil. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.