Bagikan Tips Sukses ke Pelaku UMKM, Mendag Zulhas: Ubah Kesulitan jadi Peluang
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. Kemendag)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan tip meraih sukses pascapandemi COVID-19 kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kata dia, para pelaku usaha harus mengubah cara pandang melihat kesulitan menjadi peluang.

Tips ini disampaikan dalam audiensi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dengan komunitas UMKM di Lampung, Sumatera Selatan.

“Tergantung cara pandang, kesulitan bisa dibalik menjadi peluang, tetapi syaratnya kita memang tidak boleh menyerah. Untuk itu, kita harus mempelajari ilmunya. Dalam berusaha itu ada jatuh bangunnya. Ketika menghadapi cobaan dalam bisnis, saya melihat itu sebagai ujian untuk maju ke tingkat selanjutnya,” katanya dalam keterangan pers yang diterima VOI, Jumat, 3 Maret.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan juga menekankan pentingnya integritas dalam menjalankan usaha. Kepercayaan dari mitra bisnis adalah hal yang utama.

Dalam berusaha, sambung dia, sangat penting mendapatkan kepercayaan mitra agar bisnis dapat berjalan secara berkesinambungan.

Karena itu, Zulhas mengingatkan para pelaku UMKM agar terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri. Caranya dengan mengikuti berbagai kursus dan membaca buku.

“Hidup itu belajar, setiap momen itu belajar. Kita bisa belajar dari anak, dari lingkungan. Belajar mencari peluang dan kesempatan, jangan malas,” ujarnya.

Selain itu, Zulhas mengatakan, Kemendag juga terus mendukung peningkatan perekonomian umat melalui pengembangan UMKM untuk masyarakat.

“Kemendag akan mendukung UMKM dengan memfasilitasi bantuan permodalan dari perbankan, kerja sama UMKM dengan pelaku usaha ritel modern, dan kerja sama dengan lokapasar,” ujarnya.