Lawatan ke Eropa, Sri Mulyani 'Pamer' RI Sukses Atasi Pandemi yang Terbukti dengan Pemulihan Ekonomi
Suasana pertemuan delegasi RI dengan Investor Eropa. (Foto: Instagram @smindrawati)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani diketahui sedang melakukan kunjungan kerja ke Eropa pada tengah pekan ini. Adapun, negara yang dikunjungi kali ini adalah Jerman.

Dari Frankfurt, dia menginformasikan bahwa kedatangannya ke pusat keuangan di Eropa itu mengemban misi strategis perekonomian Indonesia.

“Pertemuan dengan para investor di Jerman, untuk menjelaskan pemulihan ekonomi Indonesia dan peran APBN untuk mendukung pemulihan ekonomi dan menjaga stabilisasi,” ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat, 17 Februari.

Dalam agenda tersebut, Menkeu menjelaskan Indonesia sukses mengatasi pandemi, pemulihan ekonomi yang kuat dan APBN yang makin sehat sangat diapresiasi.

“Indonesia adalah salah satu the brightest economy di tengah dunia yang muram dan lesu serta tidak pasti,” tegas dia.

Menkeu mengungkapkan, dalam jadwal lanjutan seharusnya dia melakukan briefing investor di Paris. Namun karena ada demo di negara tersebut mengenai usia pensiun maka perjalanan ke Paris dibatalkan dan pertemuan dilakukan melalui virtual.

Dia mengklaim para investor sangat menghargai kinerja ekonomi Indonesia dan kredibilitas kebijakan ekonomi dan fiskal kita.

“Ini modal yang sangat baik untuk terus menjaga kinerja ekonomi Indonesia ditengah ketidakpastian dunia dan ketegangan geopolitik. Dari temu investor di Frankfurt, 16 Februari 2023,” kata Menkeu Sri Mulyani.

VOI mencatat, kunjungan bendahara negara ke benua biru merupakan lanjutan dari lawatan ke luar negeri dimana sebelumnya dia singgah ke Tokyo, Jepang. Menkeu tercatat menawarkan kerja sama penting dengan para pemodal Negeri Sakura, seperti pembangunan infrastruktur, sektor manufaktur, hingga peran investor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.