Bagikan:

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan empat emiten baru pada pagi hari ini. Di mana, empat perusahaan tersebut telah menyelesaikan proses penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Adapun empat emiten tersebut adalah, PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), PT Haloni Jane Tbk (JANE), PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) dan PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP).

Keempat emiten tersebut masing-masing sebagai perusahaan tercatat ke-14, 15, 16 dan 17 di BEI pada 2023.

Dari pantauan VOI, Rabu, 8 Februari, pukul 10.33 WIB, saham VAST stagnan di posisi Rp108, JANE naik 24 poin atau 24 persen ke Rp124, PACK turun Rp16 atau 9,88 persen ke Rp146, dan saham CHIP naik Rp16 atau 10 persen ke Rp176.

Berikut profil 4 emiten yang melakukan pencatatan perdananya hari ini:

1. PT Vastland Indonesia Tbk (VAST)

Vastland didirikan pada tahun 2011 dan memulai operasional pada tahun 2012 dengan kegiatan usaha Real Estat Yang Dimiliki Sendiri Atau Disewa dengan spesifik pada pengembangan properti logistik (pergudangan).

Kegiatan Usaha tersebut merupakan kegiatan usaha yang masih dijalankan Perseroan sampai dengan saat ini. Lokasi kegiatan usaha Perseroan terletak di 5 Provinsi di Pulau Sumatera dan 1 Provinsi di Pulau Jawa.

VAST menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 650 juta saham atau 21,27% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Nilai nominal sahamnya Rp50 per saham yang ditawarkan kepada publik di Rp108 setiap sahamnya.

2. PT Haloni Jane Tbk (JANE)

Perseroan didirikan dengan nama PT Haloni Jane pada tanggal 17 November 2001 dan mulai beroperasi pada tahun yang sama. Kegiatan usaha utama Perseroan adalah di bidang Industri barang dari karet untuk kesehatan.

Secara spesifik, Haloni Jane saat ini melakukan kegiatan produksi sarung tangan karet dari bahan baku lateks yang digunakan untuk berbagai keperluan terutama penggunaan untuk medis dengan merek dagang antara lain Shamrock Gloves dan Myguard Gloves.

HALO menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 1,13 miliar saham atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Nilai nominal sahamnya Rp10 per saham yang ditawarkan kepada publik di Rp100 setiap sahamnya.

3. PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK)

Perseroan didirikan dengan nama PT Solusi Kemasan Digital pada 8 November 2019 dengan 1) Perdagangan Eceran Pembungkus Dari Plastik, 2) Industri Barang Dari Plastik Untuk Pengemasan, 3) Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial, 4) Industri Pencetakan Umum.

Namun, kegiatan utama Perseroan saat ini adalah kegiatan usaha di bidang Perdagangan Eceran Pembungkus Dari Plastik yang mencakup perdagangan eceran barang pembungkus dari plastik, seperti plastik kiloan, plastik sampah, kantong plastik dan barang pembungkus dari plastik lainnya.

PACK menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 308 juta saham atau 20,03% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Nilai nominal sahamnya Rp10 per saham yang ditawarkan kepada publik di Rp162 setiap sahamnya.

4. PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP)

Pelita Teknologi Global didirikan pada tahun 2017 di Jakarta, dan berfokus pada jasa teknologi informasi dan industri Smart Card. Hingga 2020 Perseroan masih merumuskan dan membentuk manajemen dan tim ahli untuk persiapan operasional dan melakukan penetrasi pasar.

CHIP menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 200 juta saham atau 24,81% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Nilai nominal sahamnya Rp10 per saham yang ditawarkan kepada publik di Rp160 setiap sahamnya. Dengan begitu, CHIP akan meraup dana segar sebanyak Rp32 miliar.