Strategi Marketing Bisnis Kuliner 2023 yang Wajib Anda Coba
Strategi Marketing Bisnis Kuliner (Gambar Simona Sergi - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jadi, apabila Anda berkiprah dalam bisnis Makanan dan Minuman, karenanya Anda perlu meningkatkan permainan merek Anda untuk merasakan komponen kudapan  yang lebih besar. Meskipun mengasyikkan, industri makanan dan minuman cuma mengandalkan panca indra kita. Lalu sexerti apa strategi marketing bisnis kuliner?

Kongkretnya, tak seperti kesibukan rekreasi lainnya, makan senantiasa menjadi persoalan rasa dan cita rasa yang bertahan lama. Dari kuliner Italia sampai makanan khas Indonesia, pemasaran makanan Anda sebagian besar dijalankan dengan menggaet selera visual.

Waralaba global seperti 'Taco Bell' atau bahkan 'Chilli's' memiliki satu kesamaan: enak untuk dilihat. Juga, semua orang tahu tentang mereka.

Untuk dapat mempertahankan bisnis makanan dan minuman, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah mampu membuat makanan yang enak. Apakah Anda seorang koki atau mempekerjakan banyak koki, atau bahkan memulai toko roti Anda sendiri, Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan pelanggan potensial Anda atau dengan kata lain, menciptakan keinginan untuk penawaran produk Anda.

Strategi Marketing Bisnis Kuliner

Memposisikan Merek Restoran Anda

Jadi, apa sebenarnya yang ditawarkan outlet atau restoran Anda? Apakah Anda seorang pembuat roti atau bistro? Apakah Anda mengidentifikasi diri Anda dengan orang-orang di daerah Anda atau lebih tepatnya apakah mereka mengidentifikasi dengan penawaran Anda.

Jika Anda adalah restoran Meksiko yang menawarkan taco ikan yang luar biasa di daerah di mana orang-orang menyukai steak dan burger Amerika, Anda harus menetapkan dua hal.

Pertama, Anda harus membuat orang sadar bahwa taco juga enak dan kedua, Anda mendapat keuntungan dengan menjadi yang pertama dari jenis Anda di area itu.

Anda juga perlu menyadari apakah Anda ingin menjadi restoran keluarga yang menawarkan minuman untuk seluruh keluarga atau juga ingin menawarkan minuman seperti ice cream float

Jika Anda adalah kedai kopi, apakah Anda ingin berhubungan dengan para eksekutif yang mengambil cangkir kopi dan terburu-buru atau penulis yang sedang berjuang duduk dengan laptop mereka mencoba membuat keajaiban terjadi.

Karenanya, Anda harus yakin tentang audiens target Anda sebelum Anda bergerak. Namun, penting untuk mengetahui apa yang juga Anda harapkan dari pelanggan Anda.

Packaging Itu Penting

Mari kita ikuti pepatah lama, “Sebuah buku dinilai dari sampulnya” dengan cara yang sama seperti produk dinilai dari kemasannya. Salah satu bahan terbesar yang dipusatkan oleh para profesional pemasaran adalah pengemasan produk.

Ini tidak hanya mencakup kemasan literal. Sebaliknya, itu dimulai dengan desain logo dasar merek Anda hingga kartu menu dan bagaimana disajikan di atas meja. Terkadang logo pada peralatan makan Anda dapat berdampak kuat pada konsumen Anda.

Pengaduk yang ditawarkan dengan koktail Anda juga dapat menampilkan logo merek Anda, dan ini akan mengingatkan orang akan bar Anda setiap kali mereka melihatnya. Orang-orang menyewa profesional untuk membuat logo yang sederhana namun efektif dari perusahaan seperti Designhill yang tidak hanya membuat logo yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda tetapi juga nyaman untuk semua jaminan alat tulis lainnya yang akan muncul logo, seperti kartu nama, brosur desain, menu, materi iklan seperti poster atau iklan digital atau iklan Google.

Buat Pernyataan Dengan USP Anda

Mungkin investor malaikat Anda atau pasangan Anda berinvestasi dalam ide Anda karena ada potensi di dalamnya.

Potensi terbesar yang dilihat sebagian besar investor adalah USP atau Unique Selling Point, yang dapat berupa apa saja mulai dari membuat kue keju krim terbaik di kota hingga hanya menggunakan bahan organik atau vegan dalam menu truk makanan Anda.

Oleh karena itu, itu harus dipamerkan dalam kemasan Anda. Misalnya, merek sesederhana Baskin & Robbins menonjol karena berupaya menghadirkan rasa baru setiap bulan.

Pemasaran media sosial

Tahukah Anda seberapa besar pengaruh desain tajuk halaman twitter Anda dalam hal pemasaran online.

Perusahaan seperti Burger King atau Hardy's terkenal saat ini karena sangat keren dan cocok dengan generasi sekarang karena mereka ada di semua platform media sosial termasuk Foursquare dan Reddit.

Instagram adalah salah satu platform terbesar tempat bisnis Makanan & Minuman dapat berkembang melalui media sosial. Orang suka mengklik gambar makanan. Jadi, Anda tidak hanya memposting foto makanan dan acara Anda, tetapi orang-orang juga memposting ulasan makanan Anda dengan foto.

Menyelenggarakan Acara di Restoran Anda

Anda dapat menyelenggarakan festival makanan dan acara musiman atau sesekali seperti perayaan Hari St. Patrick atau Hari Valentine untuk menawarkan menu atau paket khusus pasangan. Ini dapat diiklankan secara online maupun melalui selebaran dan poster berdasarkan kemegahan acara Anda.

Acara juga membantu dalam kesadaran merek dan menyebarkan berita. Ini tidak diragukan lagi merupakan solusi pemasaran yang efektif yang mendorong perhatian pelanggan target karena liputan media juga.

Bermitra Atau Berhubungan Dengan Merek Lain

Merek seperti Pepsi dan Coca-Cola menawarkan peluang produk yang lebih dapat dipasarkan hanya dengan memastikan bahwa Anda menonjolkan produk mereka dalam kampanye pemasaran Anda.

Domino's menawarkan minuman Coca-Cola sementara lebih banyak restoran mewah akan memamerkan eksklusivitas mereka dengan merek beras atau bumbu tertentu, terutama merek Asia. Afiliasi selalu membuat konsumen lebih percaya diri untuk mencoba penawaran produk Anda.

Jadi setelah mengetahui strategi marketing bisnis kuliner, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!