Bagikan:

YOGYAKARTA - Strategi bundling produk banyak diterapkan oleh perusahaan atau bisnis untuk menjual produknya. Model marketing ini terbukti cukup ampuh dalam meningkatkan penjualan produk. Strategi bundling produk bisa digunakan dalam berbagai sektor bisnis, mulai dari kuliner, fashion, dan lainnya. 

Ketika penjualan menurun, biasanya perusahaan atau bisnis akan memutar otak untuk memikirkan strategi dalam menawarkan produknya. Banyak bisnis yang kemudian memilih menerapkan strategi bundling produk untuk menarik konsumen. Cara marketing ini dilakukan dengan menawarkan penjualan beberapa produk dalam satu paket. 

Contoh strategi bundling produk yang kerap ditemukan yaitu, menawarkan makanan, cemilan, dan minuman dalam satu paket penjualan. Bagi Anda pemilik bisnis atau brand perlu tahu apa itu strategi bundling produk untuk mendongkrak penjualan. 

Apa Itu Bundling Produk?

Bundling produk atau produk bundle adalah strategi pemasaran dengan cara mengelompokkan beberapa produk dalam satu paket penjualan. Misalnya dengan menggabungkan dua atau lebih produk dan menjualnya dalam satu harga paketan. 

Strategi bundling produk banyak dijalankan oleh pemilik bisnis karena terbukti efektif menarik minat customer melakukan pembelian. Dari segi pembeli, tawaran bundling produk sangat menggiurkan karena bisa mendapatkan beberapa produk sekaligus dengan harga yang lebih murah atau ekonomis.

Perusahaan atau bisnis biasanya menerapkan strategi bundling produk pada produk-produk keluaran baru maupun produk lama yang kurang laku atau sepi pembeli. Dengan mengaplikasikan strategi ini maka bisnis bisa mengeluarkan produk-produk lama maupun menggenjot terjualnya produk baru. 

Biasanya strategi bundling produk dilakukan pada momen-momen atau event tertentu. Misalnya bundling produk yang dijual saat tahun baru, bulan Ramadhan, hari Natal, dan sebagainya. 

Manfaat Strategi Bundling Produk bagi Bisnis

Strategi bundling produk memiliki banyak manfaat bagi perusahaan atau bisnis. Berikut ini sejumlah keuntungan dari menerapkan strategi bundling produk:

Meningkatkan Penjualan

Salah satu manfaat dari strategi bundling produk adalah meningkatkan penjualan dalam sebuah bisnis. Model marketing ini terbukti mampu mendongkrak jumlah rata-rata pemesanan dan penjualan, sehingga mendatangkan keuntungan bagi bisnis.

Paketan penjualan produk dalam bentuk bundle membuat konsumen lebih tertarik untuk membelinya. Misalnya dalam bisnis makanan, penjual bisa menawarkan paketan pembelian untuk burger, soda, dan kentang dalam satu paket. Dengan tawaran harga yang lebih murah, potensi minat customer membeli akan semakin tinggi.

Menghemat Biaya Pemasaran dan Distribusi

Manfaat lainnya dari strategi bundling produk adalah dapat mengurangi biaya untuk pemasaran dan distribusi. Dengan menerapkan paket produk bundle, bisnis bisa menjual lebih banyak produk tanpa perlu banyak menjalankan pemasaran. Cukup dengan satu kali promosi maka sudah mencakup pemasaran untuk berbagai produk yang dijual secara gabungan.

Selain itu, penjualan produk bundle biasanya juga dilakukan dalam satu kemasan. Hal ini tentunya bisa meminimalisir tempat penyimpanan atau kemasan yang digunakan. Jadi strategi bundling produk juga dapat mengurangi biaya untuk distribusi, dibandingkan harus menjual produk secara satuan. 

Mengurangi Stok Gudang

Strategi bundling produk juga bermanfaat untuk mengurangi stok gudang terhadap barang-barang yang tidak laku-laku. Produk-produk yang kurang laku atau sepi peminat akan teronggok di gudang, sehingga memakan banyak tempat penyimpanan. 

Dengan menerapkan strategi bundling produk, maka produk-produk yang tidak laku tersebut berpotensi tinggi untuk terjual. Ketika produk tersebut berkurang satu per satu dari gudang, maka kapasitas penyimpanan jadi lebih besar atau tidak penuh. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu strategi produk bundling dan manfaatnya bagi pemilik perusahaan atau bisnis. Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi produk-produk tidak laku yang menumpuk di gudang. Baca juga cara menentukan budget marketing yang efektif.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.