Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat mengajukan pinjaman atau kredit di perbankan, muncul istilah suku bunga kredit. Istilah tersebut perlu diketahu oleh peminjam agar bisa melakukan perhitungan sehingga tak terjebak pada bunga yang tinggi. Lalu ap aitu suku bunga kredit?

Apa Itu Suku Bunga Kredit?

Secara umum, suku bunga kredit adalah harga yang wajib dibayar oleh debitur atau peminjam kepada pihak bank yang memberikan peminjaman. Sedangkan dari sudut bank, suku bunga kredit merupakan harga jual yang dibebankan oleh nasabah yang mengajukan pinjaman.

Suku bunga kredit juga menjadi sumber keuntungan bagi bank atau pemberi pinjaman seperti pinjaman online resmi yang terdaftar di OJK. Sehingga wajar bank memberikan suku bunga kredit yang lebih besar disbanding suku bunga simpanan atau tabungan.

Patut diketahui bahwa suku bunga kredit berbeda dengan suku bunga dasar kredit (SBDK). SBDK adalah acuan yang digunakan sebagai dasar penetapan suku bunga kredit yang bakal dibebankan bank kepada nasabah yang mengajukan peminjaman.

Dengan begitu bisa dikatakan bahwa besaran suku bunga kredit dan suku bunga dasar kredit adalah berbeda.

Jenis Suku Bunga Kredit

Ada beberapa jenis suku bunga kredit yang didasarkan pada sifat dan perhitungannya yakni sebagai berikut.

  1. Suku Bunga Berdasarkan Sifatnya

Dikutip dari sikapiuangmu.ojk.go.id, ada dua sifat suku bunga yakni bersifat tetap (fixed) dan mengambang (floating).

Suku bunga bersifat tetap karena bunga yang harus dibayarkan tidak mengalami perubahan hingga jangka waktu tertentu. Biasanya waktu didasarkan pada waktu jatuh tempo kredit. Contoh, bunga fixed ada pada KPR subsidi, atau pada bunga kredit kendaraan yang besarnya sama hingga waktu kredit habis.

Sedangkan suku bunga mengambang sifatnya berubah dan didasarkan pada suku bunga di pasaran. Artinya jika bunga di pasaran naik maka bunga kredit ikut naik, begitu juga sebaliknya. Contoh, suku bunga KPR periode tertentu yang di tahun pertama suku bungannya bisa tetap, namun suku bunga bisa naik atau turun bergantung dengan bunga pasaran.

  1. Suku Bunga Berdasarkan Perhitungannya

Ada tiga jenis suku bunga yang didasarkan pada perhitungannya yakni flat, efektif, dan anuitas. Suku bunga flat adalah bunga yang dihitung berdasarkan jumlah pokok pinjaman awal dibagi waktu tenor kredit. Penghitungan suku bunga flat lebih sederhana dan mudah dihitung sehingga kerap digunakan dalam proses pinjam-meminjam kredit handphone, kredit panci, dan sebagainya.

Suku bunga efektif adalah angka yang harus dibayar dihitung berdasarkan sisa jumlah pokok pinjaman per bulan dengan mempertimbangkan penyusutan hutang yang telah dibayarkan. Makin kecil pokok pinjaman, maka makin kecil pula suku bunga yang wajib dibayarkan.

Sedangkan suku bunga anuitas adalah gabungan perhitungan flat dengan bunga efektif. Metode penghitungan ini mengatur jumlah angsuran pokok dijumlah angsuran bunga yang wajib dibayar per bulan.

Manfaat Suku Bunga Kredit

Suku bunga kredit yang harus dibayarkan oleh peminjam memiliki manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan keuntungan bagi perbankan sebagai pihak yang memberikan pinjaman.
  2. Digunakan sebagai alat moneter dengan kontrol penawaran dan permintaan uang yang beredar di masyarakat.
  3. Alat pengontrol peredaran uang.

Itulah informasi terkait apa itu suku bunga kredit. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.