Hadapi Resesi Global, Sandiaga Uno Optimistis UMKM Kembali Jadi Pahlawan Ekonomi pada 2023
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Seminar UMKM Hebat Dies Natalis UGM ke-73 di Yogyakarta, Sabtu, 17 Desember. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memastikan UMKM akan kembali menjadi pahlawan kebangkitan ekonomi nasional pada 2023.

Sandiaga menjelaskan, pada 2023, UMKM akan menjadi pahlawan perekonomian nasional, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja, yang mana pada tahun 2024, ditargetkan terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas.

"Para pelaku UMKM ini hidup karena mereka berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi," ujarnya dalam siaran pers, Senin, 19 Desember.

Sandiaga juga mengatakan, saat ini, UMKM yang sudah terdigitalisasi atau on boarding di platform e-commerce ada sekitar 20 juta dari target sebesar 30 juta sampai awal 2024.

"Tahun 2023 diprediksi akan terjadi masa sulit, teman-teman harus bisa menyikapi karena ekonominya Indonesia masih bisa tumbuh ditopang kekuatan UMKM," ujarnya.

Semantara itu, pengurus Yayasan Kagama Bhakti Nusantara (YKBN), Yuyun Yunastuti Daud mengatakan, UMKM ke depan semakin lebih baik dan makin berkembang meski dalam dua tahun terakhir terkena dampak pandemi COVID-19.

Sebelum ini, UMKM menghadapi cobaan menghadapi krisis pangan dan krisis global.

"Ini merupakan infuse water bagi UMKM. Terima kasih Pak Menteri, endorse ini menjadi salah satu agar mereka tetap bisa bertahan dan berkembang nanti pada tahun depan," imbuhnya.