Ada Subsidi Jutaan Rupiah, Ini Perkiraan Harga Motor Listrik setelah Dapat Subsidi
Ilustrasi motor listrik (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di tahun 2023 nanti Pemerintah dikabarkan akan menggelontorkan sejumlah dana subsidi yang diperuntukkan bagi pembelian kendaraan listrik, terutama sepeda motor listrik. Lalu berapa perkiraan harga motor listrik setelah dapat subsidi?

Perkiraan Harga Motor Listrik Setelah Dapat Subsidi

Kabar pemberian subsidi untuk pembelian motor listrik disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. Ia mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menyiapkan skema pemberian subsidi kendaraan listrik.

Belum ada informasi resmi terkait besaran subsidi yang diberikan Pemerintah. namun Menteri Luhut memberikan perkiraan besaran subsidi yakni Rp6,5 juta.

"Maka segera ini mobil listrik kita luncurkan dengan subsidi. Sepeda motor kita lagi finalisasi (besaran subsidinya). Berapa juta kita mau kasih subsidi sepeda motor, mungkin Rp6 juta. Di Thailand mungkin Rp7 juta, kita mungkin Rp6,5 juta atau berapa kira-kira berkisar itu," kata Luhut saat berada di acara Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic, dikutip Rabu 30 November 2022.

Di luar dari rencana tersebut, sejumlah perusahaan otomotif motor listrik telah memasarkan produknya di Indonesia. Berikut harga pasaran motor listrik setelah dikurangi subsidi dari Pemerintah.

  1. Harga Motor Listrik Gesits

Gesits adalah motor listrik buatan Indonesia. Di pasaran, motor ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp28 jutaan. Harganya akan turun menjadi Rp21.5 juta setelah dikurangi subsidi sebesar Rp6,5 juta.

Gesits memiliki 6,7 tenaga kuda, dengan dilengkapi baterai Lithium NCM kapasitas 3 kWh. Dengan baterai tersebut Gesits bisa menempuh perjalanan sekitar 100 km per jam dalam satu kali isi daya hingga penuh.

  1. Harga Motor Listrik United

Harga motor listrik United paling rendah sekitar Rp30 juta. Dengan adanya subsidi Rp6,5 juta, harganya menjadi Rp23.5 juta.

Tenaga motor listrik United disokong oleh motor listrik BOSCH 60V1800W bertorsi 27 Nm. Tenaga motor ini sebesar 1.800 W. United dilengkapi dengan baterai Lithium 60V 28Ah. Saat tenaga penuh, motor bisa menempuh perjalanan dengan kecepatan normal hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata 50 hingga 60 km per jam.

  1. Harga Motor Listrik Viar

Brand Viar mulai familiar di kalangan masyarakat. Motor listrik Viar dijual di pasaran sekitar Rp21 juta. Harganya menjadi RpRp14.5 juta setelah dikurangi subsidi sebesar Rp6.5 juta.

Motor listrik Viar model Q1 disokong dengan dua baterai dengan masing-masing ukuran 60V23Ah. Viar bisa menempuk kecepatan maksimal 60 km per jam.

  1. Harga Motor Listrik Alva

Masyarakat bisa membeli motor listrik Alva Obe dengan harga Rp34,9 juta. Namun setelah disubsidi, harga Alva One menjadi Rp28 juta. Kecepatan motor ini paling kencang berada di angka  90 km per jam. Saat baterai dalam kondisi penuh, motor bisa menempuh jarak hingga 70 km. Pengisian baterai butuh waktu kurang lebih empat jam.

  1. Harga Motor Listrik Niu

Masyarakat bisa membeli motor listrik Niu GOVA-03 dengan harga Rp19,5 juta setelah dapat subsidi dari pemerintah. Sedangkan harga normalnya sekitar Rp25 juta.

Niu memiliki kecepatan hingga 60 km per jam, sedangkan jarak tempuh yang bisa dicapai sekitar 55 sampai 75 km. Motor ini dilengkapi dengan baterai 18650 lithium bervoltase 60V dan kapasitasnya  40Ah. Butuh waktu selama 7 jam hingga baterai bisa terisi penuh.

Itulah informasi terkait harga motor listrik setelah dapat subsidi. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.