Bagikan:

BALI – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Presidensi G20 Indonesia akan terus berupaya menjembatani kesenjangan akibat kondisi geopolitik negara anggota. Menurut dia, hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan posisi G20 sebagai forum ekonomi utama global alias global economic premier forum.

“Mempertahankan forum ini sebagai global economic premier forum menurut saya sangat penting bagi kita,” ujarnya dalam keterangan resmi di Nusa Dua, Bali dikutip Selasa 15 November.

Menkeu menambahkan, G20 merupakan wadah penting mengingat banyak situasi global yang mengharuskan kerja sama antar negara-negara di dunia. Kata dia, tidak ada satu pun negara yang mampu untuk menangani kondisi global ini sendirian.

“Anda berbicara tentang pandemi, anda berbicara tentang perubahan iklim, kita berbicara tentang geopolitik atau bahkan teknologi digital, ini semua akan memaksa kita sebagai dunia untuk bekerja sama. Kita tidak bisa sendirian,” tuturnya.

Menkeu menyebut banyak hasil yang sangat nyata dan konkret dari pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia. Meski ada sedikit perbedaan itu tidak berarti menghilangkan kesepakatan yang justru lebih banyak jumlahnya.