Buka KTT G20, Presiden Jokowi Sampaikan Pidato dengan <i>Warning</i> Krisis Pangan
Tangkapan layar Presiden Jokowi saat membuka KTT G20 Bali. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

BALI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di depan pada pemimpin delegasi. Dalam pidatonya, Presiden langsung menyampaikan bahwa kondisi global saat ini dipenuhi dengan berbagai gejolak.

“Dunia saat ini tengah mengalami tantangan yang luar biasa, krisis demi krisis terjadi, pandemi COVID-19 belum selesai, rivalitas terus menajam, perang terjadi. Dampak dari krisis tersebut terjadi pada ketahanan pangan, energi dan keuangan,” ujarnya di Nusa Dua, Bali pada Selasa, 15 November.

Kepala Negara lantas menyoroti masalah pangan yang kini dianggapnya dalam situasi yang rentan. Malahan, jika semua negara tidak melakukan tindakan penanganan yang memadai maka pemburukan situasi bakal segera terjadi.

“Jika kita tidak mengambil langkah agar ketersediaan pupuk cukup dan harga yang terjangkau maka 2023 akan menjadi tahun yang suram,” tuturnya.

Presiden menambahkan, dengan harga pupuk yang tinggi menjadi ancaman serius bagi keberlanjutan pasokan bahan makanan.

“Harga pupuk yang tinggi dapat membuat semakin buruk dan terjadinya krisis pangan, gagal panen di berbagai belahan dunia dan kondisi ini sangat serius,” tegas dia.