Temui Jokowi Jelang KTT G20, Joe Biden Pastikan AS Dukung Indonesia Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru
Pertemuan Jokowi dan Joe Biden jelang KTT G20 Bali. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi salah satu menteri yang turut hadir dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, hari ini.

Kata Erick, pertemuan Jokowi dan Biden berlangsung menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dimulai pada Selasa, 15 November.

"Alhamdulillah, Bapak Presiden Jokowi telah bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. Bapak Presiden tadi sangat mengapresiasi atas kehadiran Biden untuk menghadiri KTT G20 di Bali," ujar Erick, dalam keterangan resmi, Senin 14 November.

Biden, ucap Erick, juga sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20. Menurut Biden, lanjut Erick, Indonesia memiliki potensi besar untuk lebih maju lantaran memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Tadi juga Biden mengharapkan peran di Indonesia sebagai pemimpin Asia Tenggara dan berharap Indonesia dapat mempererat hubungan negara-negara di Asia Tenggara dengan AS," ucap Erick.

Erick mengatakan keseriusan pemerintah Indonesia dalam melakukan akselerasi transisi energi menjadi perhatian dunia, tak terkecuali dari AS. Biden, Erick sampaikan, mendukung penuh langkah Indonesia dalam melakukan transisi energi terbarukan.

"Biden juga berkomitmen mendukung perbaikan dan pengembangan ekonomi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia," tuturnya.