Agenda KTT G20, Jokowi Bakal Ajak Putin dan Biden ke GWK Hingga Tanam Mangrove di Pantai Bali
Presiden Jokowi dan Vladimir Putin. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa agenda pertemuan kepala negara/pemerintahan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada tengah bulan ini mulai terkuak.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Kansong terdapat empat lokasi yang menjadi pusat kegiatan KTT G20 yang melibatkan pemimpin negara.

Pertama adalah venue di The Apurva Kempinski yang beralamat di Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Benoa. Diperkirakan lokasi ini tempat utama pertemuan.

“Selanjutnya di Garuda Wisnu Kencana (GWK),” ujar dia ketika memberikan pernyataan kepada awak media pada Rabu, 9 November.

Ketiga, Tahura Mangrove Conservation Forest atau Taman Hutan Raya di sekitaran pantai Kabupaten Badung, Bali. Serta yang terakhir adalah agenda yang berlokasi di Sofitel Hotel Nusa Dua.

Keempat tempat ini diyakini menjadi titik sentral kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tamu negara lain selama perhelatan puncak 15-16 November. Pasalnya, Panitia Nasional hanya memperbolehkan awak media melakukan peliputan dengan kriteria khusus yang telah ditentukan.

“Setiap titik peliputan ini ada keterbatasan-keterbatasan dan yang punya akses adalah tiga kategori media tertentu,” tutur dia.

Dalam pemberitaan redaksi sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dipastikan bakal hadir langsung dalam KTT G20. Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin hingga kini belum memberikan konfirmasi resmi perihal keikutsertaannya di Bali. Sementara pemimpin China Xi Jinping telah menjawab bakal ambil bagian dalam pertemuan di Pulau Dewata ini.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi dalam keterangannya beberapa waktu lalu menyatakan bahwa sudah ada 17 kepala negara yang hadir di pertamuan KTT G20.