Bagikan:

BALI - Mantan Menteri Keuangan (Chatib Basri) menyebut pandemi yang terjadi dalam tiga tahun belakangan ini membawa perubahan yang luar biasa signifikan dalam berbagai bidang.

Menurut dia, perbaikan tidak hanya terjadi pada sektor kesehatan namun juga pada bidang ekonomi.

Kata Chatib, dunia sebelumnya tidak pernah menyangka bagaimana healthy issues menjadi sangat berkaitan dengan ekonomi dunia. "Kesehatan adalah juga sebuah investasi saat ini," ujarnya di Nusa Dua, Bali pada Minggu, 13 November.

Menurut Chatib, pandemi membuat arsitektur kesehatan Dunia berubah sama sekali. Sektor ini kemudian memunculkan sebuah ide instrumen pembiayaan baru.

"WHO membutuhkan dana besar dalam melakukan penanganan kesehatan, tetapi dia tidak bisa melakukan funding. Di sinilah kemudian menegaskan ide bahwa pentingnya kerja sama diantara banyak negara," tuturnya.

Untuk itu, dia menyambut baik hadirnya dana penanganan pandemi atau Financial Intermediary Fund (FIF) yang diinisiasi oleh negara-negara G20.

Dia pun berharap sumber pendanaan ini bisa menjangkau seluruh pihak, utamanya bagi negara berkembang. "Investasi untuk pandemi bisa menyelamatkan jutaan nyawa di negara berkembang," tegas dia.