IHSG Jumat Berpotensi Kembali Menguat, Saham Batu Bara dan Perbankan Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali menguat pada perdagangan hari ini, Jumat 4 November, setelah kemarin terkerek naik 0,27 persen ke level 7.034,57. 

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memperkirakan, IHSG akan bergerak fluktuatif dalam rentang 6.980-7.100 pada hari ini. Secara teknikal, Stochastic RSI masih berada dalam fase minor bearish reversal, meski negative slope di MACD cenderung melandai seiring dengan rebound pada Kamis kemarin.

"IHSG ditopang rebound harga saham emiten komoditas, terutama produsen batu bara Akan tetapi, terbentuknya pola shooting star pada sejumlah saham emiten komoditas tersebut memicu keraguan terhadap potensi rebound lanjutan yang diperkirakan terjadi hari ini," ujarnya dalam riset.

Meskipun begitu, Valdy melihat, HRUM, AKRA, PTBA dan INDY merupakan saham batu bara yang berpeluang mengalami rebound lanjutan. Emiten lain yang dapat diperhatikan adalah sektor perbankan, seperti BBCA, BMRI, BDMN, dan PNBN.

Valdy berkeyakinan bahwa kinerja sektor perbankan di Indonesia secara keseluruhan masih positif di 2022 ini. 

"Hal ini terlihat dari kinerja positif dari sejumlah bank besar di Amerika Serikat dan Eropa, serta bank-bank besar di Indonesia pada kuartal III-2022 meski dibayangi tren kenaikan suku bunga global," ujar dia.