Bagikan:

YOGYAKARTA – Endorsement adalah kegiatan promosi produk atau jasa yang dilakukan oleh pihak ketiga. Endorsment jamak dilakukan oleh seorang pebisnis, agar brand yang mereka tawarkan dapat dikenali calon konsumen. Lantas, apa kelebihan dan kekurangan endorsement?

Kelebihan dan Kekurangan Endorsment

Layanan endorsement biasanya ditawarkan oleh public figure atau selebriti yang memiliki pengakuan, kepercayaan, dan rasa hormat dari banyak orang.

Promosi produk atau jasa dengan sistem ini bisa dilakukan dengan sistem berbayar maupun tidak berbayar, sesuai dengan kesepakatan.

Endorsement berbayar adalah jenis endorsement yang memerlukan uang dan kontrak eksklusif untuk melakukan perjanjian dengan public figure yang ditunjuk dalam rangka mengiklankan barang atau jasa tersebut.

Sementara endorsement tidak berbayar jenis endorsement yang dilakukan tanpa membayar jasa pengiklan. Jasa endorse tidak berbayar biasanya ditawarkan oleh orang yang sedang merintis karier sebagai publik figur. Kendati demikian, beberapa selebriti papan atas, terkadang juga memberikan tawaran jasa endorse produk gratis.

Kelebihan endorsement

Dihimpun VOI dari Majoo, Senin, 24 Oktober 2022, endorsement memiliki sejumlah kelebihan antara lain:

  1. Membangun Brand Awareness

Dengan melakukan endorsement, produk barang atau jasa yang ditawarkan akan dilihat, dikenal, dan dicari banyak orang. Setelah mendapatkan awareness, kamu bisa menjalankan strategi marketing berikutnya!

  1. Membangun Kredibilitas Brand

Manfaat kedua dari melakukan endorsement adalah membangun kredibilitas brand. Semakin banyak orang yang akan mempercayai dan memandang public figure yang mengiklankan produk tersebut, peng-endorse atau pengiklan yang bersangkutan dapat menunjukkan kelebihan barang atau jasa yang ditawarkan dan membangun kepercayaan dengan brand serta calon konsumen.

  1. Membikin Brand Lebih Menonjol
Ilustrasi endorsement
Ilustrasi endorsement (Pixabay)

Sebuah brand bisa makin menonjol setelah di-endorse oleh publik figur atau artis. Dalam endorsement, biasanya public figure mengiklankan barang atau jasa yang ditawarkan dengan membandingkan produk dengan pesaingnya, sehingga calon konsumen lebih mudah mengingat kelebihan produk yang digunakan public figure panutan mereka.

  1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Endorsement juga bisa membuat anda menjangkau pasar yang lebih luas. Brand dapat memilih public figure yang diinginkan, terutama yang memiliki banyak follower.

  1. Jadi Alternatif untuk Mengiklankan Produk Secara Gratis

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, endorsement terkadang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Beberapa orang yang baru merintis karier sebagai public figure biasanya membuka jasa endorsement dengan biaya yang lebih terjangkau atau cuma-cuma untuk mengiklankan produk yang mereka sukai.

Kerugian Endorsement

Kendati memiliki banyak kelebihan, endorsement juga mempunyai beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Biaya Endorsement Mahal

Endorse produk yang dilakukan oleh pihak ketiga atau publik figur biasaya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terlebih jika Anda menggunakan jasa selebriti papan atas.

Tak hanya itu, besarnya biaya yang sudah dikeluarkan, terkadang, hasilnya tidak sesuai dengan keinginan.

  1. Produk Dibayangi oleh Publik Figur

Kerugian endorsement yang kedua adalah brand yang Anda iklankan bisa melekat pada figur publik.

Hal ini tentu berbahaya, terlebih, jika sang publik figur tidak bisa menjaga personal brand mereka.

Artinya, jika nama baik publik figure jatuh, brand yang ditawarkan oleh publik figur tersebut berpotensi ambruk juga.