Di Hadapan Petinggi Bank Dunia, Sri Mulyani Tegaskan Komitmen RI Atasi Perubahan Iklim
Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) ketika menyambangi markas Bank Dunia di Amerika Serikat (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani disebutkan baru saja mengadakan pertemuan dengan Vice President East and Asia Pacific World Bank (Bank Dunia) Manuela V Ferro dan Vice President for Human Development World Bank Mamta Murthi di Washington DC Amerika Serikat.

Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak terlibat pembicaraan strategis terkait berbagai informasi penting yang menambah insight dan wawasan terhadap perkembangan makro ekonomi dan prospeknya ke depan secara global.

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan bahwa capaian kinerja perekonomian Indonesia terus berlanjut dan mengalami penguatan.

“Walau begitu kita tidak boleh lengah dari peningkatan risiko global yang harus diwaspadai,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi hari ini, Kamis, 20 Oktober.

Menurut Menkeu, agenda meeting kali ini juga dimanfaatkan pemerintah untuk mencari informasi program dari World Bank untuk mengatasi masalah perubahan iklim.

“Ini penting untuk kemajuan dalam mencapai Sustainable Development Goals 2030 karena sejalan dengan komitmen Indonesia mengatasi perubahan iklim dan mencapai ekonomi hijau,” tuturnya.

Bendahara negara mengungkapkan pula jika pemerintah RI memberikan apresiasi atas perkembangan Country Climate and Development Report (CCDR) yang dilakukan oleh World Bank.

Di samping itu, Menkeu mendorong Bank Dunia untuk mendukung reformasi struktural terkait transisi menuju ekonomi rendah karbon di Indonesia.

“Terutama dalam beberapa isu utama terkait climate budget tagging, harga karbon, dan energy transition mechanism,” tutup Menkeu Sri Mulyani.