Ganti Ego Syahrial hingga Iman Rachman yang jadi Dirut Bursa Efek, Menteri BUMN Tunjuk Komisaris dan Direksi Baru Pertamina
Gedung Pertamina. (Foto: Dok. Antara/Pertamina)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina (Persero). Erick mengangkat Rida Mulyana sebagai salah Komisaris Pertamina, menggantikan Ego Syahrial.

Rida merupakan sosoknya sangat kental sebagai pimpinan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Saat ini, ia masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Sebelum itu, Rida juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal EBTKE dan Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Perubahan susunan direksi dan komisaris diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) yang digelar hari ini, Senin, 19 September.

Selain mengangkat Rida, Erick juga menunjuk Erry Widiastono sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero). Sosok Erry sudah dikenal di lingkungan Pertamina Group, karena sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) pada 13 Juni 2020. Erry juga pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping PT Pertamina (Persero).

Kemudian, Erick juga menunjuk Atep Salyadi Dariah Saputra sebagai Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero). Atep sendiri pernah menduduki posisi strategis, salah satunya sebagai Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Susunan Komisaris dan Direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-198/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina dan Nomor: SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Perseroan) PT Pertamina yang ditandatangani pada Senin, 19 September 2022.

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membenarkan adanya perombakan susunan direksi dan komisaris Pertamina.

"Iya betul," ujar Ahok saat dikonfirmasi, Senin, 19 September.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya S. Poerwadi menyampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) telah ditetapkan susunan komisaris dan direksi baru Pertamina.

Dalam Surat Keputusan tersebut, pemegang saham juga memberhentikan dengan hormat Ego Syahrial dari jabatan Komisaris PT Pertamina (Persero), Mulyono dari jabatan Direktur Logistik dan Infrastruktur dan Iman Rachman dari jabatan Direktur SPPU PT Pertamina (Persero).

"Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ego Syahrial, Bapak Mulyono dan Bapak Iman Rachman atas dedikasinya untuk Indonesia dan kontribusinya dalam pengelolaan bisnis Pertamina di tengah tantangan pandemi COVID-19," kata Brahmantyas.