Setelah Hutama Karya, Kini Giliran Wijaya Karya yang Dapat Proyek di IKN: Bangun Jalan Tol dan Hunian untuk Pekerja
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA meraih dua proyek untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yakni proyek Jalan Tol Kariangau - Simpang Tempadung dan hunian untuk pekerja.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melelang beberapa paket pekerjaan dimana ada yang sudah tandatangan kontrak dan sebagian besar lainnya dalam proses lelang.

"Ada dua yang kita dapat dan sudah mulai kerjakan di sana, pertama adalah Jalan Tol dari Kariangau sampai dengan Simpang Tempadung, dimana pada hari ini telah diadakan pre construction meeting sehingga mulai pekan ini kita sudah memulai pelaksanaan untuk jalan tol tersebut," ujar Agung dalam Public Expose 2022 secara daring dikutip Antara, Selasa 13 September.

Selain itu WIKA juga sudah ditunjuk dan mulai bekerja di IKN terkait proyek pembangunan hunian untuk pekerja, dimana WIKA melaksanakan pembangunan dengan menggunakan teknologi modular yang merupakan unggulan dari WIKA Gedung. Teknologi ini memungkinkan pembangunan dilakukan secara cepat dengan mutu dan estetika yang baik, dengan kecepatan yang cukup tinggi.

"Di luar itu kita sedang memproses beberapa tender yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, sehingga memang seperti sudah saya sampaikan target kita untuk di IKN cukup besar karena merupakan anggaran dari pemerintah yang merupakan prioritas bagi WIKA," kata Agung.

Ia mengatakan proyek IKN menjadi daya tarik bagi WIKA sebagai pelaku usaha konstruksi. Terkait dengan persiapan, lanjutnya, WIKA telah mempersiapkan diri sangat baik di IKN mulai dari kantor yang ada di Kalimantan Timur.

Kemudian WIKA juga mempunyai pengalaman dalam pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang kurang lebih 90 km, sehingga WIKA mengetahui persis kondisi yang ada di sekitar IKN.

Sebelumnya PT Hutama Karya (Persero) berhasil memenangkan proyek Jalan Tol Karangjoang-KKT Kariangau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sepanjang 13 km.

"Sejauh ini Hutama Karya telah menerima kontrak untuk pembangunan IKN, untuk kontrak yang pertama sebesar Rp3,47 triliun terkait pengembangan jalan tol," ujar Direktur Operasi I Hutama Karya Gunadi Soekardjo dalam webinar HK ExperTalk dikutip Antara, Kamis 8 September.

Jalan tol Karangjoang-KKT Kariangau IKN berperan dalam menghubungkan pusat kegiatan negara, jalan tol ini pada akhirnya akan mempersingkat waktu tempuh antara IKN Nusantara dan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Proyek jalan tol itu juga menjadi langkah awal kontribusi Hutama Karya, di mana paket proyek tersebut menjadi awal keterlibatan Hutama Karya dalam pembangunan infrastruktur di IKN.