Targetkan Rp7,81 Triliun <i>Full Year</i>, Perusahaan Properti Milik Mendiang Konglomerat Ciputra Raup Prapenjualan Rp4 Triliun di Semester I 2022
Foto: Dok. Ciputra Development

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan pengembang properti, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) membukukan prapenjualan mencapai Rp4 triliun di semester I 2022. Raihan ini setara dengan 51 persen dari target sepanjang tahun 2022 yang dipatok di angka Rp7,81 triliun.

CEO Ciputra Group Candra Ciputra menjelaskan, capaian Ciputra Development tersebut naik dari tahun sebelumnya di periode yang sama hanya mencapai 3,56 triliun. Adapun, capaian hampir Rp4 triliun tahun ini perinciannya sebanyak Rp2,2 triliun dari proyek kerja sama operasi dan Rp1,78 triliun dari proyek sendiri.

"Strategi pertumbuhan kami adalah mempertahankan jumlah lahan dan luas lokasi geografis yang cukup luas untuk mendukung diversifikasi produk dan menggunakan brand Ciputra dalam melakukan KSO (kerja sama operasi) dan melakukan pengelolaan modal secara prudent dan meluncurkan produk-produk inovatif untuk menambah porsi recurring income," ungkap Candra dalam paparan publik, Rabu 27 Juli.

Berdasarkan cara pembayaran, Ciputra Development mengantongi prapenjualan mayoritas dari KPR sebesar 58 persen, tunai bertaham 21 persen, dan tunai 21 persen. Adapun, berdasarkan segmentasi, rumah dengan harga di kisaran Rp2 miliar - Rp5 miliar menyumbang porsi terbesar 38 persen, kemudian disusul segmen Rp1 miliar - Rp2 miliar sebesar 28 persen, di bawah 1 miliar 20 persen dan di atas Rp5 miliar 15 persen.

"Dari segi produk, paling besar tetap rumah, kavling, dan tanah sebanyak 78 persen, ruko 16 persen, apartemen 5 persen, dan kantor, strata title dan sisanya 1 persen," ungkap Candra.

Sedangkan, lokasi yang menjadi favorit tersebar di seluruh Indonesia dengan pangsa di Jabodetabek sebesar 25 persen, Surabaya 20 persen, kota lain di Jawa 13 persen, Sumatra 20 persen, Sulawesi 18 persen, dan sisanya di kota-kota lain 1 persen.

Tahun ini, Ciputra Development menyiapkan sejumlah proyek di antaranya ada di Medan Citra Land Tanjung Morawa yang diperkirakan meluncur kuartal III 2022. Dilanjutkan dengan Citra Land Sampali pada kuartal IV 2022.

Adapun, proyek yang diutamakan tahun ini tersebat di Citraland Surabaya, Citraland Gama city Medan, CitraLand City Losari Makassar, Citra Garden City di Jakarta Barat, Citra Raya Tangerang, Citra Land Tallasa City Makassar, Citra Maja Raya, Citra Grand Semarang, CitraLand Megah Batam, Citra Land Green Lake Surabaya.