Catat Laba Rp1,7 Triliun, Pengembang Properti Milik Mendiang Konglomerat Ciputra Bakal Bagikan Dividen Rp260 Miliar
Foto: Dok. Ciputra Development

Bagikan:

JAKARTA - Pengembang properti, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) bakal membagikan dividen tunai kepada pemegang saham total sebesar Rp260 miliar atau Rp14 per saham. Pembagian dividen tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Rabu 27 Juli kemarin.

Direktur Utama Ciputra Development (CTRA) Candra Ciputra mengatakan, dividen tunai ini setara dengan 15 persen dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2021. Sebelumnya pada 2021, CTRA berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,7 triliun dari total pendapatan sebesar Rp9,7 triliun.

Adapun pendapatan tersebut diperoleh dari segmen pengembangan properti yang meliputi penjualan rumah hunian, ruko, apartemen, dan gedung perkantoran tercatat sebesar Rp8 triliun.

Sedangkan pendapatan dari segmen pendapatan berulang yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, sewa kantor, dan rumah sakit mencapai Rp1,7 triliun. Perolehan pendapatan dan laba bersih CTRA di 2021 ini merupakan pencapaian tertinggi dalam sejarah perusahaan, sekaligus menjadi bentuk komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan pandemi COVID-19.

Selama tahun 2021 CTRA meluncurkan tiga proyek baru dan 14 klaster baru di proyek yang telah berjalan. Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraLand Puncak Tidar Malang, Citra Landmark Jakarta, dan CitraLand Helvetia Kota Deli Megapolitan Medan. Sedangkan klaster yang telah diluncurkan meliputi Klaster Neo Paloma, Klaster Andora, Klaster Girona, Klaster Academia, Klaster  Giverny, Klaster Le Brassus at Lausanne di proyek CitraRaya Tangerang, Klaster Clarke Quay di proyek CitraLand Gama City Medan. 

Ada juga Klaster Monterrey di proyek CitraLand Cibubur, Klaster 8 Park Avenue, Klaster Hanalei, Klaster Volga di proyek Citra Sentul Raya, Klaster Taman Kuta Indah di proyek Citra Maja Raya, Klaster Spring Dale di proyek CitraGarden City Malang, serta Klaster Lavish Hills I & II di proyek CitraLand Megah Batam.

Selain itu, lanjut Candra, perseroan berhasil meraih marketing sales sebesar Rp4 triliun pada semester I 2022, atau telah mencapai 51 persen dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp7,8 triliun selama tahun 2022. Pencapaian selama semesterI 2022 ini naik sebesar 12 persen, jika dibandingkan dengan semester I 2021.