Alhamdulillah! Harga sawit di Mukomuko Bengkulu Naik hingga Rp100 per Kg
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit pada tingkat pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, naik hingga Rp100 per kilogram (kg).

"Harga TBS kelapa sawit naik sebesar Rp50 hingga Rp100 per kilogram, mudah-mudahan terus berlanjut," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Meri Marlina dilansir ANTARA, Rabu, 13 Juli.

Ia mengatakan, hal itu setelah mendapatkan data pembelian TBS kelapa sawit per hari ini dari sembilan dari 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di daerah ini.

Kendati demikian, harga tertinggi tandan buah segar kelapa sawit kini hanya sebesar Rp1.000 per kg di PT Gajah Sakti Sawit dan PT Bumi Mentari Karya, dan harga terendah Rp800 per kg di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi.

Menurutnya, harga pembelian TBS​​​​​​ kelapa sawit oleh sebagian pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko kini lebih tinggi dibandingkan dua yang lalu.

Dia mengatakan, dari sebanyak sembilan pabrik, harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi naik dari sebesar Rp750 per kg menjadi Rp800 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri naik dari sebesar Rp720 per kg menjadi Rp850 per kg.

Harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas sebesar naik dari sebesar Rp820 per kg menjadi Rp920 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari dan PT Daria Dharma Pratama naik dari sebesar Rp840 per kg menjadi Rp940 per kg.

Kemudian harga TBS sawit di PT Karya Agro Sawitindo naik dari sebesar Rp820 per kilogram menjadi Rp920 per kg, di PT Gajah Sakti Sawit naik dari Rp900 menjadi Rp1.000 per kg, dan harga sawit di PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp830 per kg.

Ia berharap, harga pembelian TBS kelapa sawit oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini meningkat agar kesejahteraan petani sawit semakin baik.