Dinas Pertanian Mukomuko Sebut Banyak Pabrik Beli TBS Sawit Lebih Rendah dari Harga yang Ditetapkan: Ada yang Sampai Rp830 per Kg
Tandan buah segar kelapa sawit milik petani di Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sampai sekarang

semua pabrik membeli tandan buah segar kelapa sawit dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga yang diputuskan tim perumus.

Tim Perumus Harga Komoditi Perkebunan Provinsi Bengkulu menetapkan harga pembelian buah sawit di tingkat pabrik terendah Rp1.666 per kg dan harga tertinggi Rp2.219 per kg. Dari harga tersebut pabrik diberikan toleransi membeli sawit petani sebesar Rp1.845 per kg.

"Kalau berdasarkan data dari tim perumus harga komoditi perkebunan Bengkulu, semua pabrik membeli sawit lebih rendah dibandingkan harga ketetapan tim tersebut," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Meri Marlina dalam keterangannya dikutip Antara, Minggu 17 Juli.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sampai sekarang masih menggunakan data harga ketetapan Tim Perumus Harga Komoditi Perkebunan Bengkulu yang bulan Juni 2022 karena belum ada penetapan harga bulan Juli tahun ini.

Sementara harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit tertinggi di daerah ini sebesar sebesar Rp1.100 per kilogram di PT Gajah Sakti Sawit dan terendah sebesar Rp830 di PT Surya Andalan Primatama.

Menurutnya, kemungkinan pabrik masih membeli buah sawit lebih murah karena terbatasnya penjualan minyak mentah kelapa sawit atau CPO keluar daerah ini.

Sehingga pabrik berspekulasi membeli sawit dengan harga rendah karena saat ini pabrik lebih banyak menyimpan CPO dari pada menjual keluar daerah ini.

Selanjutnya, pabrik menunggu kebijakan dari pemerintah pusat melakukan ekspor CPO karena saat ini CPO yang ada hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Ia menyebutkan, harga sawit di PT Bumi Mentari Karya sebesar Rp1.080 per kg, harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas sebesar Rp1.020 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari sebesar Rp1.040 per kg, harga sawit di PT Daria Dharma Pratama sebesar Rp1.040 per kg.

Lalu harga TBS sawit di PT Karya Agro Sawitindo sebesar Rp1.020 per kg, harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit sebesar Rp1.100 per kg, harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi sebesar Rp880 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri sebesar Rp1.050 per kg, dan harga sawit di PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp830 per kg.