Indra Utoyo, Mantan Direksi BRI Ini Ditunjuk Jadi Dirut Allo Bank Milik Konglomerat Chairul Tanjung
Indra Utoyo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Direktur Digital dan Teknologi Informasi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Indra Utoyo bakal menjadi Direktur Utama di bank milik konglomerat Chairul Tanjung, PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI).

Dikutip dari laman resmi Allo Bank, Indra diangkat sebagai Direktur Utama Allo Bank berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2022. Selain Indra, perseroan juga mengangkat profesional lain, yakni Sajal Bhatnagar sebagai Direktur.

Sementara itu, nama baru yang akan mengisi posisi baru di Allo Bank adalah Aviliani. Komisaris Independen PT Bank Mega Tbk. (MEGA) sejak 2018 hingga 2022 ini akan menduduki jabatan Komisaris Utama dan Independen Allo Bank.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Allo Bank telah mengagendakan perubahan susunan pengurus perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), yang akan digelar pada hari ini Kamis 19 Mei.

Manajemen Allo Bank menjelaskan bahwa dalam rangka mendukung model bisnis bank digital, pemegang saham pengendali perseroan, PT Mega Corpora menyampaikan usulan perubahan susunan pengurus.

Hal ini dimaksudkan selain untuk memperkuat struktur manajemen perseroan dalam menghadapi ketatnya persaingan yang semakin kompetitif di era digitalisasi, juga untuk memanfaatkan peluang pasar yang terbuka lebar dalam segmen tersebut.

Manajemen BBHI menambahkan bahwa langkah ini diharapkan membuat Allo bank memiliki daya saing yang kuat, sekaligus meningkatkan kinerja perseroan menjadi lebih baik.

Profil Indra Utoyo

Indra Utoyo mengenyam pendidikan Doktor Ekonomi dan Bisnis Bidang Manajemen Stratejik Universitas Indonesia (2019) dan telah mengikuti Sertifikasi Manajemen Risiko level V. Dia memulai karir sebagai Avionic Engineer PT IPTN (1985-1986) dan Sub Direktorat Pengolahan Data Direktorat Operasi IT System Analyst Perum Telekomunikasi (1986-1990).

Indra juga pernah bekerja di PT Telekomunikasi Indonesia sejak tahun 1990 sampai dengan 2017 dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom Group. Posisi terakhir Indra sebelum bergabung dengan Allo Bank Indonesia adalah sebagai Direktur Digital dan Teknologi Informasi Bank BRI.

Indra tercatat tidak memiliki hubungan afiliasi dengan dewan komisaris, direksi, dan pemegang saham Allo Bank. Pengangkatan Indra sebagai Direktur Utama Allo Bank bakal efektif setelah mendapatkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ditetapkan dalam RUPS.