JAKARTA - Menyambut Hari Raya Idulfitri 2022 PT Bank Central Asia Tbk atau BCA akan melakukan penyesuaian operasional kantor cabang pada 29 April hingga 9 Mei 2022.
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, sebagai salah satu perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) senantiasa menjaga komitmennya untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh nasabah di periode libur Lebaran kali ini.
Berikut penyesuaian operasional kantor cabang BCA selama libur Idulfitri 2022:
29 April libur– Cabang tidak beroperasi
30 April Weekend Banking beroperasi di cabang tertentu *
1-3 Mei 2022 libur – Cabang tidak beroperasi
4-5 Mei 2022 Beroperasi di cabang tertentu *
6-8 Mei 2022 libur – cabang tidak beroperasi
9 Mei 2022 Seluruh cabang beroperasi normal
* Melayani semua transaksi kecuali Valuta Asing, SKNBI & RTGS
Kendati operasional sejumlah cabang disesuaikan, nasabah tetap dapat melakukan transaksi dengan maksimal melalui berbagai channel electronic banking BCA seperti BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta akses terhadap 18.050 jaringan ATM BCA.
Sementara itu, bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran atau tarikan uang tunai dapat menggunakan 11.568 unit mesin ATM Setor Tarik BCA yang telah tersebar di berbagai lokasi.
"Nasabah juga dapat memanfaatkan fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu yang dapat diakses melalui BCA mobile dan Sakuku," lanjut Jahja dalam keterangannya kepada media, Rabu 27 April.
BACA JUGA:
Untuk transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani pada 30 April dan 4-5 Mei pukul 09.00 hingga 14.00 di BCA KCU Semarang, BCA KCU Medan, BCA KCU Palembang, BCA KCU Madiun, BCA KCU Matraman, dan BCA KCU Blitar. Sementara itu, untuk pemenuhan pembayaran fasilitas kredit yang jatuh tempo di masa hari libur Idulfitri, nasabah diharapkan menyediakan dana di rekening autodebet sebelum 29 April 2022.
Selama momen Idulfitri, BCA telah mempersiapkan uang tunai untuk mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat terhadap uang tunai.
“Kami menyediakan uang tunai sebesar Rp58,12 triliun untuk Lebaran tahun ini, meningkat 7 persen dibandingkan tahun 2021. Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat terhadap uang tunai untuk keperluan Lebaran,” kata dia.
Untuk memudahkan nasabah mengakses layanan contact center Halo BCA, masyarakat dapat mengunduh aplikasi haloBCA yang telah tersedia di PlayStore dan AppStore. Nantinya nasabah dapat mengubungi Halo BCA kapan pun dan di mana pun, termasuk dari luar negeri atau pelosok negeri yang dilengkapi fitur VoIP Call yang berbasis internet sehingga tidak akan menyedot pulsa telepon.
Jahja juga mengimbau nasabah untuk tetap berhati-hati dengan modus penipuan yang mengatasnamakan BCA, dengan tidak memberikan data yang bersifat rahasia seperti Personal Identification Number (PIN), One Time Password (OTP), response KeyBCA atau Card Verification Code/Card Verification Value (CCV/CVV). Petugas BCA tidak pernah meminta data rahasia tersebut kepada nasabah.