Punya 675.900 Pengguna, Blu BCA Digital Catat Transaksi Rp23,7 Triliun
Foto: Dok. BCA Digital

Bagikan:

JAKARTA - Blu, aplikasi digital banking yang dikembangkan oleh PT Bank Digital BCA telah memiliki 675.900 pengguna. Mayoritas pengguna Blu berada di umur 17-25 tahun (44 persen) dan berdomisili di DKI Jakarta.

Sejak pertama diluncurkan pada Juli 2021 hingga 21 April 2022, jumlah nominal seluruh transaksi mencapai Rp23,7 triliun year to date (ytd). Lebih khusus, transaksi tarik tunai tanpa kartu mencapai Rp87,78 miliar ytd periode Januari 2022 hingga 21 April 2022.

Sementara, total transaksi uang masuk ke rekening Blu by BCA Digital dari bank lain atau dana pihak ketiga (DPK) terkumpul lebih dari Rp5,1 triliun pada periode Januari 2022 hingga 21 April 2022.

Direktur Utama BCA Digital,Lanny Budiati menjelaskan, Blu merupakan aplikasi digital banking yang didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah agar bisa melakukan transaksi finansial maupun non finansial melalui ponsel.

"Berbeda dengan induknya, BCA Digital menawarkan pengalaman transaksi perbankan digital tanpa perlu pergi ke bank. Mulai dari model operasional layanan perbankan, di mana BCA Digital hanya memiliki satu kantor pusat saja. Sedangkan BCA, memiliki banyak kantor cabang, baik untuk transaksi maupun mencari informasi produk," kata Lanny dalam keterangan resmi, dikutip Selasa 26 April.

Menurut Lanny, Blu by BCA Digital tak hanya hadir sebagai direct digital banking, tetapi juga sebagai digital banking as a service (BaaS), yaitu sistem keuangan yang memungkinkan sebuah bank digital terhubung dengan pihak ketiga lainnya.

Berbagai enhancement dilakukan di aplikasi Bllu untuk semakin memudahkan proses pembukaan rekening, user-friendly UI/UX, dan penggunaan marketing tools.

"Selain itu, Blu juga memperbesar kolaborasi dengan berbagai mitra sehingga blu dapat tersedia di aplikasi mitra dari berbagai lini bisnis. Beberapa mitra yang sudah bekerja sama adalah Blibli.com, Telkomsel redi, dan Zemangat," tuturnya.

Lanny mengatakan pada tahun ini, BCA Digital menggandeng Finansialku dalam memberikan edukasi literasi keuangan kepada masyarakat, khususnya usia produktif.

Sedangkan mulai 25 April 2022, Blu by BCA Digital juga akan menyediakan layanan BI-Fast sebagai salah satu bank digital yang pertama dalam men-deploy BI-Fast. Layanan ini bisa digunakan dengan minimum transaksi sebesar Rp 5 ribu dan maksimal Rp 250 juta.

"Dalam waktu dekat, Blu by BCA Digital akan meluncurkan virtual debit card," ucapnya.

++