Perluas Pangsa Pasar, 65 Persen Nasabah Blu Bukan dari Bank BCA
Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati. (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Anak usaha dari BCA Group, BCA Digital berhasil memperbesar market share BCA Group melalui platform mereka yakni bank digital bernama blu. Hal ini dibuktikan dengan 65 persen dari total jumlah nasabah blu bukan berasal dari bank BCA.

Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati mengungkapkan bahwa hanya 35 persen nasabah blu yang berasal dari bank BCA. Adapun jumlah nasabah blu by BCA Digital sebanyak 806 ribu per 15 Juli.

"Ini sesuai misi kami memperbesar market share-nya secara BCA Group. Jadi terbukti 65 persen yang bukan nasabahnya bank BCA menjadi nasabahnya blu," katanya dalam konferensi pers, Jumat, 22 Juli.

Lebih lanjut, Lanny mengatakan bahwa mayoritas nasabah blu adalah GenZ dengan persentase 49 persen. Kemudian, milenial 39 persen, dan GenX 11 persen.

"Bahkan baby boomers ada loh sebagai nasabah blu, 1 persen. Jadi in real-nya dari total nasabah kami demografinya seperti itu," ucapnya.

Targetkan Penambahan Nasabah

Sementara itu, Head of Digital Business PT Bank Digital BCA Edwin Tirta menargetkan nasabah atau pengguna platform blu dapat mencapai 1 juta hingga akhir tahun ini atau tumbuh 24,06 persen dari total pengguna sampai 15 Juli 2022 yang sebesar 806 ribu.

Lebih lanjut, Edwin mengatakan BCA Digital memang tidak agresif dalam memasang target penambahan nasabah blu.

"Kami menargetkan total pengguna dapat bertambah menjadi kurang lebih 1 juta pengguna sampai akhir tahun ini. Sedikit tidak agresif, tapi kami ingin nasabah yang berkualitas, yang aktif menggunakan Blu dan ada balance-nya," ujarnya.

Tak hanya itu, kata Edwin, total transaksi juga diharapkan bertumbuh dari capaian hingga 15 Juli 2022 yang sebesar Rp36,1 triliun seiring dengan penambahan nasabah aktif.

Edwin juga mengatakan ke depan fitur blu akan dikembangkan dengan berfokus pada peningkatan kualitas layanan yang mengakomodir kebutuhan nasabah. Misalnya dengan pembuatan kartu ATM, baik fisik maupun virtual, penambahan fitur top up flazz, dan fitur investasi yang akan bekerja sama dengan platform wealth management Moduit.