Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Jadwal Layanan BCA dan Bank Mandiri
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Momen libur Natal dan Tahun Baru lagi akan segera tiba. Bank-bank besar nasional seperti PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Mandiri Tbk sudah mengumumkan jam operasional dan ketersediaan uang tunai selama periode libur untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, selama periode Libur Natal dan Tahun Baru, BCA akan meniadakan operasional kantor cabang per tanggal 24-25 Desember 2020 dan tanggal 31 Desember sampai dengan 1 Januari 2021.

"Adapun weekend banking ditiadakan pada tanggal 26-27 Desember 2020 dan 2-3 Januari 2021," ujar Jahja dalam keterangan tertulis, yang dikutip Selasa 22 Desember.

Namun, lanjut dia, nasabah tetap dapat melakukan transaksi #BankingFromHome melalui layanan digital BCA, seperti BCA mobile atau KlikBCA. Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran tunai, dapat menggunakan ATM Setor-Tarik BCA yang siap 24 jam.

Foto: Angga Nugraha/VOI

"Untuk mengantisipasi kebutuhan tarikan nasabah di mesin ATM menjelang libur Natal dan Tahun Baru, BCA menyediakan uang tunai sebesar Rp30,5 triliun," ungkap Jahja. 

Jahja menambahkan, apabila selama masa libur akhir tahun membutuhkan untuk pembukaan rekening baru atau pemblokiran rekening, ini sudah dapat dilakukan melalui BCA mobile sehingga akan meminimalisir aktivitas ke kantor cabang BCA. Untuk pembayaran tagihan yang umumnya datang di akhir bulan juga sudah dapat dilakukan dalam satu genggaman di BCA mobile.

Sementara itu, PT Bank Mandiri Tbk mengklaim sudah menyiapkan uang tunai sebesar Rp15,1 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Desember 2020. Alokasi itu turun 8,2 persen dari periode setahun sebelumnya.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha menjelaskan, alokasi uang tunai tersebut sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan penarikan tunai masyarakat di mesin-mesin Mandiri ATM.

Rudi mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi puncak kenaikan transaksi nasabah yang diperkirakan pada 16-31 Desember sehingga dilakukan optimalisasi limit pengisian mesin ATM pada periode tersebut. Rencananya, proses preventive maintenance dilakukan pada 955 mesin ATM di lokasi-lokasi utama.

Adapun total ATM Bank Mandiri saat ini tercatat sebanyak 13.176 mesin ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

Foto: Angga Nugraha/VOI

Khusus pada periode libur Natal 24-27 Desember 2020, Bank Mandiri juga akan mengoperasikan sebanyak 160 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking.

"Sedangkan pada periode libur Tahun Baru 31 Desember 2020-3 Januari 2021, sebanyak 214 cabang akan dioperasikan secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking," kata Rudi.