Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah bank besar tetap memberikan pelayanan meski secara terbatas selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. Mereka adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

Seperti diketahui, pemerintah menetapkan hari libur pada 24 hingga 27 Desember 2020. Hari libur tidak berlaku pada 28, 29, dan 30 Desember 2020. Hari libur baru berlaku kembali pada 31 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021. 

Meski beroperasi, layanan perbankan selama libur Natal dan Tahun Baru tetap dibatasi. Operasional juga difokuskan pada layanan umum yang sering dibutuhkan oleh nasabah atau masyarakat.

Bagi Anda yang ada rencana atau mendadak butuh layanan perbankan pada momen libur Natal dan Tahun Baru, berikut ini jadwal operasional dan layanan empat bank besar Tanah Air:

1. Bank BRI 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memberikan layanan operasional terbatas di 122 unit kerja BRI seluruh Indonesia pada tanggal 26 dan 31 Desember dengan penerapan standar protokol kesehatan. Layanan terbatas tersebut meliputi pembukaan rekening simpanan, penarikan dan setoran ke rekening simpanan, layanan setoran pinjaman, setoran penerimaan negara, pick up services dan layanan complain handling.

Untuk jenis layanan lainnya, yaitu layanan penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non BBM dari SPBU/merchant, BRI memberikan layanan operasional terbatas pada 26 Desember, 31 Desember, dan 2 Januari 2021.

"Masyarakat juga dapat memanfaatkan berbagai kemudahan transaksi di BRI melalui BRImo, contact center BRI, 53 ribu ATM Link, lebih dari 460 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia, dan 219 ribu jaringan e-channel BRI," terang Direktur Jaringan dan Layanan BRI A. Solichin Lutfiyanto dalam keterangan tertulis, yang dikutip Sabtu 26 Desember.

BRImo merupakan aplikasi digital banking milik BRI yang menggabungkan fungsi mobile banking dan internet banking. Nasabah pengguna ponsel iOS maupun android sudah dapat mengunduhnya melalui app store.

2. Bank Mandiri

Khusus pada periode libur Natal 24-27 Desember 2020, bank Mandiri akan mengoperasikan sebanyak 160 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking.

Sedangkan pada periode libur Tahun Baru 31 Desember 2020-3 Januari 2021, sebanyak 214 cabang akan dioperasikan secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha menyampaikan pihaknya telah mengantisipasi puncak kenaikan transaksi nasabah yang diperkirakan pada 16-31 Desember 2020 sehingga akan dilakukan optimalisasi limit pengisian mesin ATM pada periode tersebut.

"Frekuensi perawatan mesin atau preventive maintenance pun kami tambah pada periode libur tersebut agar mesin ATM selalu siap melayani kebutuhan nasabah, dengan fokus pada rest area, pusat perbelanjaan, hotel, bandara, stasiun, pelabuhan, SPBU, gereja dan tempat wisata," katanya dalam siaran pers.

Proses preventive maintenance akan dilakukan terhadap 955 mesin ATM yang berada di lokasi-lokasi utama tersebut. Total ATM Bank Mandiri saat ini tercatat sebanyak 13.176 mesin ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

Di samping jaringan ATM, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan electronic banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

"Aplikasi Mandiri Online, misalnya, kini sudah dapat melayani hampir semua transaksi nasabah seperti pemindahan dana, pembukaan rekening, pemblokiran dan pembukaan blokir, monitoring perpindahan dana, serta transaksi pembayaran, termasuk dengan scan QRIS," katanya.

Seluruh layanan perbankan online 24 jam tersebut menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman berupa informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, atau pembelian isi ulang pulsa.

3. Bank BCA

Selama periode Libur Natal dan Tahun Baru, BCA akan meniadakan operasional kantor cabang per tanggal 24 -25 Desember 2020 dan tanggal 31 Desember sampai dengan 1 Januari 2021. Weekend banking pun ditiadakan pada tanggal 26-27 Desember 2020 dan 2-3 Januari 2021.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan nasabah tetap dapat melakukan transaksi Banking From Home yang aman dan nyaman melalui layanan digital BCA, seperti BCA Mobile atau KlikBCA.

Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran tunai, dapat menggunakan ATM Setor-Tarik BCA yang siap 24 jam. Untuk mengantisipasi kebutuhan tarikan nasabah di mesin ATM menjelang libur Natal dan Tahun Baru, BCA menyediakan uang tunai sebesar Rp30,5 triliun.

4. Bank BNI

BNI mengoperasikan secara terbatas 201 kantor cabangnya pada masa liburan Natal dan Tahun Baru. BNI melaksanakan operasional terbatas pada dua periode waktu, yaitu pertama, pada 24-25 Desember 2020. 

Periode kedua, pada 31 Desember 2020 BNI membuka 201 kantor cabangnya untuk memberikan layanan beberapa transaksi, yaitu setoran, penarikan tunai maksimal Rp25 juta per rekening, pemindahbukuan rekening BNI, setoran BBM Pertamina, setoran pajak, maintenance rekening tabungan atau pinjaman, kegiatan kredit, hingga aktivasi e-channel. Pelayanan tersedia mulai pukul 09.00 hingga 15.00 waktu setempat.

Khusus pada 1 Januari 2020, BNI menutup seluruh kantor cabangnya karena bertepatan dengan hari Libur Tahun Baru. Namun, transaksi tetap dapat menggunakan jaringan layanan digital BNI. Seluruh outlet BNI akan kembali beroperasi normal pada 28, 29, dan 30 Desember 2020 serta 4 Januari 2021.