Sri Mulyani Bicara Masalah G20 dengan Menkeu Afsel di AS, Disebutkan Ada Situasi Menantang
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) beserta jajaran ketika bertemu dengan delegasi Afrika Selatan (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani disebutkan melakukan pertemuan khusus secara bilateral dengan Menteri Keuangan Afrika Selatan (Afsel) Enoch Godongwana di sela rangkaian kunjungan kerja dalam rangka IMF-WBG Spring Meeting 2022 di Washington DC, Amerika Serikat.

Dalam meeting tersebut, Menkeu Sri Mulyani menjelaskan bahwa RI dan Afsel terlibat dalam pembicaraan yang intens soal G20.

“Membahas soal perkembangan ekonomi global dan bagaimana mengantisipasi dampak kenaikan inflasi dan harga komoditi, isu bidang kesehatan dimana negara-negara G20 sudah berdiskusi mengenai perlunya mekanisme pendanaan baru untuk mengatasi pandemi di masa yang akan datang, serta pembahasan seputar arsitektur keuangan dunia dan diskusi terkait pendanaan yang berkelanjutan,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi pada Selasa, 19 April.

Adapun, Menteri Enoch Godongwana menyampaikan dukungannya kepada Presidensi G20 Indonesia untuk periode sepanjang tahun ini.

“Kami berharap Indonesia berhasil memimpin diskusi dan pembahasan di G20 di tengah situasi yang menantang seperti saat ini,” kata dia.

Selanjutnya, pada akhir pertemuan Menkeu mengundang sekaligus meminta kesediaan Menteri Enoch Godongwana untuk datang pada pertemuan FMCBG berikutnya di bulan Juli 2022 yang akan diselenggarakan di Bali.