Bagikan:

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Lembaga National Single Window (LNSW) disebutkan telah mulai memberikan fasilitas kemudahan dalam pemasukan hospitality equipment penunjang MotoGP Mandalika.

Sekretaris LNSW Muhamad Lukman mengatakan Sistem Aplikasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah memberikan banyak manfaat. Menurut dia, semua dokumen kepabean untuk kegiatan pemasukan dan pengeluaran barang telah disampaikan secara elektronik sehingga memperlancar proses distribusi logistik.

“Kegiatan pemeriksaan dilakukan secara terintegrasi oleh petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Mataram, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA), serta pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC),” ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat 11 Maret.

Menurut lukman, semakin efektifnya sistem yang ada akan membawa keuntungan tersendiri di bidang investasi dan perdagangan melalui pemberian kemudahan berusaha, perlindungan dan peningkatan perekonomian daerah, percepatan proyek strategis nasional, serta pembukaan lapangan kerja.

Adapun, Lembaga National Single Window sendiri merupakan unit organisasi di bawah Kementerian Keuangan pimpinan Sri Mulyani.

Melalui lembaga ini, pemerintah berharap aktivitas penanganan dokumen kepabeanan, kekarantinaan, perizinan, kepelabuhanan/kebandarudaraan, dan dokumen lain dapat terakomodir secara efektif, baik untuk tingkat nasional maupun internasional.

“Sistem Aplikasi KEK juga berperan dalam menunjang arah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus yang pada gilirannya dapat meningkatkan investasi, membuka lapangan pekerjaan, juga meningkatkan perekonomian daerah,” tutup Lukman.