Hutama Karya Bawa Kabar Gembira, Tol Riau-Sumatera Barat Ruas Pekanbaru-Bangkinang Sudah Rampung 97,99 Persen
Ilustrasi. (Foto: Dok. Hutama Karya)

Bagikan:

JAKARTA - EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo mengatakan pengerjaan fisik proyek pembangunan jalan Tol Riau-Sumatera Barat (Sumbar) ruas Pekanbaru-Bangkinang kini mencapai 97,99 persen.

"Keberadaan jalan bebas hambatan ini menjadi salah satu bentuk usaha pemerintah dalam memudahkan masyarakat di Indonesia melakukan mobilitas arus barang dan orang dalam kegiatan ekonomi dan sosial dengan baik dan cepat," kata Tjahjo Purnomo dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Selasa 8 Maret.

Tjahjo Purnomo mengatakan pihaknya terus berupaya mempercepat penyelesaian jalan tol di ruas Pekanbaru-Bangkinang dan kini realisasi pengerjaan fisik proyek atau konstruksi Tol Pekanbaru–Bangkinang sepanjang 31 km mencapai 97,99 persen dan progres lahan sebesar 97,88 persen.

Ia menyebutkan terkait dengan pembebasan lahan di sekitar proyek tol, Hutama Karya juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga lahan dapat segera bebas dan konstruksi dapat dilakukan.

"Progres saat ini sedang dalam tahap penelitian oleh Tim Terpadu Kementerian LHK, jadi kita tunggu saja," katanya.

Ia mengatakan rencananya Tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka sebelum Idul Fitri 2022 dan tinggal menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Lebih jauh ia mengatakan selain membutuhkan lahan, pembangunan tol dirancang dengan skala besar juga membutuhkan modal dan merupakan proyek yang diandalkan pemerintah untuk dapat mengurai kemacetan serta menjadi sumber pemasukan kas negara.