BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN Raup Total Laba Rp72,05 Triliun, Kelompok Milenial: Kerja Keras Erick Thohir Patut Diapresiasi
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

JAKARTA - Koordinator Penggerak Milenial Indonesia Bidang UMKM dan Bisnis, Syahrul Ramadhan mengapresiasi kinerja Menteri BUMN Erick Thohir yang sukses membuat Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) meraup laba Rp72,05 triliun pada akhir Desember 2021. Pencapaian bank yang terdiri dari BRI, Mandiri, BNI, dan BTN tersebut tercatat melesat 78,06 persen dari perolehan laba 2020 sebesar Rp40,34 triliun.

Menurut Syahrul, pencapaian tersebut tidak lepas dari peranan Erick Thohir dalam memimpin perusahaan pelat merah tersebut. Hal tersebut, kata Syahrul merupakan buah dari hasil transformasi dan efisiensi yang saat ini tengah dilakukan oleh Kementerian BUMN beserta seluruh perusahaan BUMN.

"Upaya pak Erick dalam mentransformasikan BUMN agar lebih efisien membuahkan hasil. Kerja keras beliau patut kita apresiasi," ujarnya kepada awak media, dikutip Rabu 23 Februari.

Lebih lanjut Syahrul menyebut, kehadiran Bank Himbara telah turut memberikan solusi menyeluruh dari permasalahan yang terkait dengan modal usaha, termasuk UMKM. Keempat bank Himbara tersebut, kata Syahrul memiliki fokus yang berbeda-beda dengan tetap memberikan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi, mulai dari modal UMKM, solusi perumahan hingga korporasi.

"Kami melihat keempat Bank Himbara memiliki fokus masing-masing, dan mungkin itulah salah satu yang membuat Bank Himbara bisa meraup laba Rp72,05 triliun," imbuhnya.

Menurut catatan Syahrul, BUMN sendiri memiliki sejumlah program utama transformasi yang bersifat jangka panjang. Hal tersebut bertujuan agar BUMN bisa sustainable mengkontribusikan nilai ekonomi dan nilai sosial untuk seluruh stakeholders. Di sisi lain, fungsi ekonomi BUMN dapat menghasilkan laba dan menghasilkan capitalization yang besar.

Selain itu, masih kata Syahrul, Erick Thohir juga selalu meminta Himbara untuk selalu berkoordinasi memperbaiki sitem dan layanan guna mendukung satu data pemerintah. Hal tersebut membuat Himbara makin kuat dan terus menguat.

"Pak Erick sangat cepat dalam merapikan BUMN. Kepemimpinan beliau dalam memimpin perusahaan pelat merah patut diacungi jempol," terangnya.

Syahrul menambahkan, Himbara memiliki peranan penting dalam penyaluran berbagai bantuan yang di pemerintah. Mulai dari UMKM, subsidi gaji pekerja, hingga bantuan upah untuk pendidik non PNS.