Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan total pembiayaan yang sudah digelontorkan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) kepada UMKM mencapai Rp1.600 triliun hingga September 2023.

Hal ini disampaikan Erick Thohir disampaikan di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan UMKM Expo Brilianpreneur 2023 di Jakarta, Kamis, 7 Desember.

Kata Erick, BUMN terus mendukung UMKM untuk naik kelas. Salah satunya dengan masuk ke eksositem digital. Dengan pembiayaan yang diberikan BUMN diharapkan bisa membuat UMKM go digital.

Himbara yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BTN, sambung Erick, telah berhasil mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital.

“Melalui akses pembiayaan bank-bank Himbara, di mana sampai hari ini kita sudah berikan hampir Rp1.600 triliun sampai September 2023,” tuturnya saat pembukaan UMKM Expo Brilianpreneur 2023 di Jakarta, Kamis, 7 Desember.

Dari jumlah pembiayaan yang digelontorkan Himbara tersebut, kata Erick, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau BRI menjadi bank pelat merah dengan alokasi pendanaan terbesar. Nilai yang digelontorkan BRI mencapai 83 persen dari total Rp1.600 triliun.

Pada kesempatan ini, Erick memgatakan penyerapan produk UMKM oleh perseroan negara melalui ekosistem PaDi UMKM mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp37,2 triliun sampai dengan Oktober tahun ini.

“Pak (Presiden Jokowi) di ekosistem pengadaan BUMN, yang mana kita targetkan di bawah Rp300 juta itu harus UMKM, di mana masuk ke dalam platform PaDi UMKM yang kita diluncurkan sejak 2019 waktu itu,” tuturnya.