Erick Thohir Dapat Pesan dari Megawati: BUMN Jangan Jadi Gurita yang Kakinya Banyak
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Instagram @erickthohir)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan pesan dari Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri saat ia pertama kali menjabat sebagai menteri. Kata dia, pesan Mega berkaitan dengan bisnis BUMN.

"Sejalan dengan pertemuan saya, saat pertama kali menjadi menteri BUMN, waktu itu dipanggil Bu Mega, bagaimana beliau menggambarkan kalau BUMN itu jangan jadi gurita yang kepalanya kecil, kakinya banyak. Itu gurita yang enggak sehat," katanya, dalam Dialog Kopi Tanah Air yang digelar DPP PDI Perjuangan, Senin, 17 Januari.

Menurut Mega, lanjut Erick, gurita yang sehat itu adalah gurita yang memiliki kepala besar dan jumlah kaki yang sedikit.

Lebih lanjut, Erick mengatakan pesan Mega tersebut sejalan dengan langkah Kementerian BUMN dalam melakukan transformasi. Sehingga, nantinya para perusahaan pelat merah ini akan bertransformasi dan membentuk ekosistem yang masing-masing sesuai dengan core bisnis.

"Beliau menyampaikan gurita yang sehat itu, kepalanya besar kakinya sedikit, karena itulah kami di bumn bertransformasi mendorong BUMN ini menjadi ekosistem sendiri-sendiri, satu dengan yang lainnya," ucapnya.

Seperti diketahui, transformasi memang menjadi salah satu program utama Erick Thohir di Kementerian BUMN. Teranyar adalah pembentukan ID FOOD atau Holding BUMN Pangan yang dipimpin oleh RNI.

"Alhamdulillah kemarin juga kita baru meluncurkan yang namanya Holding Pangan BUMN. Di mana yang tadinya 8 perusahaan dijadikan 5," jelasnya.