Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan kehadirannya ke pusat perbelanjaan atau mal pertama di Jakarta, Sarinah karena ingin melihat hasil renovasi yang telah dilakukan.

Apalagi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin menunjukkan hasil renovasi secara langsung pada dirinya sebelum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo

"Pak Erick itu sudah dari 1,5 bulan ingin menunjukkan kepada saya kalau Sarinah itu telah selesai renovasinya," kata Megawati kepada wartawan di Sarinah, Jakarta Pusat, Senin, 13 Juni.

"Jadi saya bilang kepada Pak Erick, iyalah lebih baik saya melihat sebelum nanti diresmikan oleh Pak Jokowi bulan Juli," imbuh Presiden ke-5 RI itu.

Dalam kunjungan itu, Megawati telah ditunjukkan berbagai macam hal di Sarinah yang sudah selesai direnovasi oleh Erick Thohir. Termasuk relief zaman pemerintahan Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno yang sempat tersembunyi di dalam mal ini.

Ada pun terkait relief ini, Megawati mengaku tak ingat siapa senimannya. Tapi, dia bilang, ada beberapa orang yang mengerjakan dan berkisah tentang seorang petani di Jawa Barat bernama Marhaen.

"Menurut saya sangat bagus, sangat indah karena di situ setiap floor mempunya makna-makna tersendiri. Terutama mengenai relief yang setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya dalam tanda kutip disembunyikan," ungkapnya.

"Tapi akhirnya, alhamdulillah, dapat dikembalikan yang menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali karena mungkin anak muda sekarang belum tentu mengetahui, untuk memahat seperti itu, panjang relief seperti itu bukan sebuah hal yang mudah karena itu tiga dimensi," jelas Megawati.

Sementara itu, Erick Thohir mengatakan ada sejumlah pesan yang disampaikan Megawati dalam kunjungan itu. Salah satunya, adalah menjadikan Sarinah sebagai pengingat sejarah sekaligus menjadi tempat untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makin berkembang.

"Alhamdulillah, (Sarinah, red) ini bisa menjadi sebuah pengingat sejarah untuk generasi muda karena ini ramai sekali tetapi sekalian Ibu Mega juga berpesan, bagaimana UMKM nya harus dilibatkan. Nah karena itu kita mendorong banyak UMKM dan merek-merek lokal yang sekarang lagi naik daun," pungkasnya.