Ridwan Kamil Resmi Namakan Masjid di Islamic Center Baitul Ridwan Jadi Al Mumtadz, Nama Belakang Eril
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengumumkan pemberian nama masjid yang terletak di Islamic Center Baitul Ridwan di Cimaung, Bandung, Jawa Barat menjadi Masjid Al Mumtadz./ Tangkapan layar Youtube Humas Jabar

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengumumkan pemberian nama masjid yang terletak di Islamic Center Baitul Ridwan di Cimaung, Bandung, Jawa Barat menjadi Masjid Al Mumtadz.

Dalam bahasa Arab, Al Mumtadz memiliki arti "terbaik". Pengambilan nama masjid ini menyerupai nama belakang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang kini telah wafat karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

Hal ini Ridwan Kamil sampaikan usai prosesi pemakaman Eril di Cimaung.

"Dalam kesempatan yang istimewa ini, izinkan kami mengumumkan bahwa masjid akan diberi nama sebagai Masjid Al Mumtadz, masjid yang paling baik, terbaik, artinya. Mudah-mudahan menjadi sebuah tempat yang mulia yang kebetulan dinamai dari nama akhir anak kami, Emmeril Kahn Mumtadz," kata Ridwan Kamil di lokasi pemakaman, Senin, 13 Juni.

Awalnya, masjid di Islamic Center Baitul Ridwan mulai dilakukan pembangunan sejak tahun 2019. Masjid yang terletak pada Lahan seluas 5 hektare tersebut didesain oleh Ridwan Kamil sendiri.

Selain tempat ibadah untuk masyarakat, kawasan di Cimaung ini juga akan dibangun pusat dakwah. Di lokasi terpisah namun tak jauh dari masjid terdapat pemakaman keluarga milik Ridwan Kamil, yang salah satunya merupakan makam Eril.

"Sesuai syariatnya, lokasi makam terpisah dari masjid. Bukan di dalam kawasan, tidak menempel kawasan, tidak di depan kawasan masjid. Jauh dan cukup untuk memadai sebagai tempat yang bisa berdampingan dengan baik," tutur Ridwan Kamil.

"Dengan mengucap bismillah, dengan ini, insyaallah, mudah-mudahan Allah mudahkan rencana pembangunan Masjid Al Mumtadz bisa diselesaikan dengan dukungan doa dari semua pihak," lanjutnya.