Pemilik Gokana, Raa Cha, Monsieur Spoon, BMK, Platinum dan Chopstix Siap Melantai di Bursa, Incar Rp633 Miliar
Jajaran direksi PT Champ Indonesia Tbk. (Didi Kurniawan/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Champ Resto Indonesia Tbk (Champ), salah satu perusahaan food & beverage pada segmen fast casual dining yang memiliki enam brand restoran termasuk Gokana, Raa Cha dan Monsieur Spoon, berencana untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Champ akan melepas sebanyak-banyaknya 666.666.000 saham atau setara dengan 30,0% dari modal ditempatkan dan disetor penuh yang terdiri dari sebanyak-banyaknya 222.222.000 saham baru dan sebanyak-banyaknya 444.444.000 saham lama.

Direktur Utama Champ, Ali Gunawan Budiman menyebutkan saham Champ tersebut akan ditawarkan dengan rentangharga Rp800 - Rp950 per saham. Dengan demikian, dana yang terkumpul dari masyarakat ditargetkan akan mencapai sebanyak-banyaknya Rp633 miliar yang terdiri dari Rp211 miliar dari penawaran umum saham baru dan Rp422 miliar dari penawaran umum saham lama.

"Kami bersyukur Champ memasuki tonggak awal dari rencana pencatatan saham perdana di Bursa dan akan menjadi bagian dari industri pasar modal di Tanah Air. Kami optimis rencana Initial Public Offering (IPO) ini akan disambut baik oleh pelaku pasar mengingat Champ mempunyai konsep value for money dan scalability untuk seluruh merek F&B yang dimiliki. Saham Champ sangat prospektif kedepannya seiring dengan membaiknya situasi dan kondisi pandemi," ujar Ali Gunawan Budiman di Jakarta, Kamis 13 Januari.

Lebih lanjut Ali mengatakan, IPO ini akan memperkuat posisi Champ sebagai salah satu food & beverage platform terbesar di Indonesia khususnya pada segmen fast casual dining yang memiliki merek dagang sendiri dengan winning concept yang mengedepankan value-for-money dan scalability.

Adapun, mayoritas dana dari saham baru hasil IPO ini, sekitar 44 persen akan digunakan untuk pembayaran utang kepada kreditur bank dan pemegang saham, selanjutnya sekitar 14 persen digunakan untuk belanja modal berupa renovasi (fit out) baik untuk outlet baru dan eksisting serta meningkatkan Dapur Utama, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan usaha.

Untuk membantu kelancaran proses pendaftaran di Bursa Efek Indonesia, Champ telah menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai Lead Underwriter atau Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Direktur Investment Banking PT UOB Kay Hian Sekuritas, Ronald Lohanata menyebutkan bahwa Champ akan berkembang pesat melewati level pra-pandemi ke depannya.

"Setelah IPO, kami yakin Champ akan terus berkembang pesat kedepannya baik secara organik maupun anorganik. Champ sendiri secara historis telah bertumbuh luar biasa dari 40 outlet pada tahun 2010 menjadi 276 outlet di akhir tahun 2021. Pertumbuhan ini disebabkan oleh konsep value for money dan scalability yang dimiliki oleh Champ. Selain itu, Champ juga memiliki beberapa brand F&B ternama seperti Gokana, Raa Cha dan Monsieur Spoon untuk mendukung pertumbuhan," papar Ronald.

Berdasarkan prospektus awal, pencatatan saham Champ di Bursa rencananya akan dilakukan pada tanggal 7 Februari 2022. Masa penawaran awal atau bookbuilding akan dilakukan pada 12 - 20 Januari 2022, masa penawaran umum perdana saham pada tanggal 31 Januari 2022 - 3 Februari 2022, dan distribusi secara elektronik pada tanggal 4 Februari 2022.

"Semua jadwal ini masih fleksibel dan berpotensi berubah sesuai dengan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan," pungkas Ronald.