Luhut Sebut Sosok Rachmat Kaimuddin Tepat untuk Dukung Program Kerja Kemenko Marves yang Telah Diamanatkan Presiden Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Rachmat Kaimuddin. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Terjawab sudah ke mana mantan Direktur Utama Bukalapak, Rachmat Kaimuddin berlabuh. Dirinya, 'diangkut' Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengisi jabatan Technology & Sustainabilty Development Special Advisor di Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves).

"Pada hari ini Saudara Rachmat Kaimuddin akan bergabung dengan keluarga besar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia sebagai Technology & Sustainability Development Special Advisor yang akan memberikan laporan dan masukannya kepada saya Pribadi sebagai Menko Maritim dan Investasi," kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Senin 3 Januari.

Luhut menyebut, kehadiran Rachmat adalah bentuk komitmen pemerintah untuk memberikan kebermanfaatan sekaligus mendorong terjadinya transformasi besar utamanya dalam bidang pembangunan dan teknologi Indonesia ke depannya.

"Saudara Rachmat memiliki segudang pengalaman dan prestasi di bidang tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut kata Luhut, pengalaman yang dimiliki Rachmat sebagai pemimpin dengan pengalaman di berbagai industri dan sektor, termasuk di bidang teknologi dan sustainable development merupakan poin penting sehingga beliau pantas mengemban jabatan baru tersebut.

"Sebelum menerima jabatan ini, Rachmat merupakan Direktur Utama di PT Bukalapak.com Tbk, yang berhasil membawa perusahaan ini menjadi unicorn pertama yang melantai di bursa IDX," jelas Luhut.

Rachmat Kaimuddin sendiri mempunyai gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA, dan Master of Business Administration dari Stanford University, California, Amerika Serikat.

"Hal inilah yang menjadi modal penting beliau hari ini bergabung bersama keluarga besar Kemenko Marves. Selain itu, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang solid secara profesional di bidang-bidang kunci yang telah ditekuninya sosok beliau sangat diperlukan saat ini dan selama ini membuat ditunggu kontribusinya dalam membangun negeri ini, utamanya untuk terus mendukung terus program kerja Kemenkomarves yang telah diamanahkan oleh Bapak Presiden RI Jokowi," papar Luhut.