Indonesia Targetkan Salip Brasil jadi Negara Eksportir Produk Halal Terbesar Dunia
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menargetkan menjadi negara pengekspor produk halal terbesar dunia.

Kepala Sekretariat KNEKS Wempi Saputra mengatakan sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, RI memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Maka dari itu, ucap dia, saat ini pemerintah berfokus menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia.

“Eksportir besar produk halal di dunia justru berasal dari negara Brazil dan negara-negara lain yang populasi muslimnya tidak sebesar Indonesia, ujarnya dalam keterangan pers dikutip Minggu, 26 Desember.

Menurut Wempi, populasi muslim terbesar sekaligus potensi pasar yang besar di dalam negeri belum bisa tergarap optimal.

“Padahal, itu bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wempi mengungkapkan jika prinsip-prinsip ekonomi syariah selaras dengan arah sustainable development goals (SDG).

“Ekonomi syariah sebenarnya juga memiliki nilai-nilai yang konsisten untuk SDG, hanya saja kembali lagi perkembangannya belum tergarap optimal,” tuturnya.

Kondisi tersebut mendorong Indonesia untuk bisa mengoptimalkan peran dari kegiatan ekonomi syariah dan membentuk KNEKS.

“Bukan hanya sekedar menjadi salah satu pilihan, tetapi menjadi arus utama atau mainstream yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di ekonomi global dengan memanfaatkan populasi atau demand potential yang begitu besar di Indonesia maupun dunia,” tutup dia.