Bagikan:

JAKARTA - Komisi V DPR RI menyoroti kondisi jalur pantura yang kerap dilalui kendaraan pengangkut logistik. Di mana, kendaraan-kendaran yang melintas itu menyebabkan kelebihan beban jalan.

Kondisi jalur pantura itu menjadi sorotan ketika Komisi V DPR RI menggelar kunjungan kerja terkait infrastruktur dan transportasi di Rembang.

"Poros Pantura merupakan jalan yang banyak dilalui angkutan logistik dengan berat muatannya rata-rata melebihi 10 ton keatas, sehingga terjadi overload atau kelebihan beban jalan," ujar anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kady dalam keterangannya, Sabtu, 20 November.

Jalur pantura menjadi salah satu pilihan bagi kendaraan pengangkut barang selain melalui ruas tol. Alasannya, dengan melalui jalur pantura dapat menekan biaya perjalanan.

"Pengemudi merasa lebih memilih poros pantura dibanding lewat jalan alternatif jalan tol, dengan demikian poros pantura ini menjadi jalan utama bagi angkutan logistik," katanya.

Karena itu, Hamka menyebut perlu ada penambahan atau perbaikan terhadap jalur pantura. Misalnya, penyangga dibahu jalan tersebut agar tidak bergeser akibat beban jalan.

Kemudian penerapan law enforce terhadap pelanggar yang memuat barang yang overload.

"Oleh karena itu solusinya adalah jalan poros Pantura harus dibangun dengan menggunakan material beton," singkat Hamka.

Jalur pantura merupakan jalan sepanjang 1.161,47 kilometer yang menghubungkan beberapa kota. Mulai dari kota Banten hingga Banyuwangi.