Ini Beberapa Keuntungan yang Didapatkan Penumpang karena Kerja Sama Emirates - Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dan Emirates sepakat untuk bekerja sama dalam memperluas jaringan penerbangan kedua maskapai di 18 rute yang menghubungkan Indonesia, Timur Tengah, Eropa dan Afrika.

"Lebih lanjut, kerja sama ini juga menghadirkan nilai tambah bagi pengguna jasa Emirates dimana melalui jaringan domestik Garuda Indonesia yang luas, para penumpang lanjutan dari Emirates dapat menikmati layanan penerbangan terbaik ke berbagai destinasi prioritas di Indonesia," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Selasa 9 November.

Irfan menjelaskan, penumpang Garuda Indonesia akan mendapatkan kemudahan akses ke berbagai destinasi yang dioperasikan oleh Emirates di antaranya Dubai, Bahrain, Moskow, Johannesburg, Kairo, London dan Manchester.

Sementara itu, penumpang Emirates yang akan melaksanakan perjalanan ke Indonesia melalui Jakarta dapat menikmati layanan penerbangan lanjutan ke berbagai destinasi prioritas di Indonesia seperti Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan , Manado, Medan, Padang , Solo.

Ia berharap, kerja sama yang berlaku efektif mulai 2 Januari 2022 mendatang tersebut dapat mendorong aktivitas pariwisata dan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

“Berangkat dari komitmen yang sama untuk menghadirkan layanan penerbangan yang aman, sehat dan nyaman melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, kemitraan ini kami harapkan dapat menghadirkan berbagai pilihan destinasi dengan layanan penerbangan terbaik bagi penumpang,” ujarnya.

Adapun kemudahan layanan penerbangan tersebut dapat dinikmati secara end-to end mulai dai pemesanan tiket, hingga kebijakan bagasi (baggage check-through) yang dapat diambil di destinasi akhir.

Lebih lanjut, kedua maskapai juga akan menjajaki peluang kerja sama dalam pengelolaan program frequent flyer yang memungkinkan penumpang untuk mendapatkan dan menukarkan poin yang telah diperoleh ke dalam bentuk tiket penerbangan maupun manfaat eksklusif lainnya.

Irfan menambahkan, sebagai upaya untuk memperkuat jaringan internasional, hingga Oktober 2021, Garuda Indonesia telah memiliki kerja sama codeshare dengan sedikitnya 24 mitra maskapai di seluruh dunia yang menghubungkan para penumpang Garuda Indonesia ke berbagai pilihan destinasi.

Sementara itu, Chief Commercial Officer Emirates, Adnan Kazim mengatakan bahwa pihaknya senang dapat menjalin kemitraan dengan Garuda Indonesia.

"Kerja sama tersebut akan memberikan akses ke lebih banyak tujuan di Indonesia serta konektivitas tanpa batas dan nyaman ke delapan tujuan domestik di Indonesia ke dan dari Dubai dan ke jaringan global kami melalui Jakarta, dan tiga tujuan melalui Denpasar," kata Kazim.

Kazim mengatakan, Indonesia adalah pasar yang penting bagi Emirates, dan kerja sama dengan Garuda Indonesia merupakan bukti komitmen Emirates untuk terus memperkuat jaringan kami dan meningkatkan penawaran.

Ia juga berharap dapat terus memperkuat kemitraan sehingga membawa lebih banyak manfaat berharga bagi pelanggan dan pengalaman perjalanannya.

"Melalui jaringan gabungan kedua maskapai yang diperluas, kami menawarkan pengalaman yang lebih tanpa kendala kepada penumpang kami pada saat check-in, pemeriksaan bagasi, dan boarding di setiap langkah perjalanan mereka hanya dengan satu tiket,” ujar Kazim.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dan Chief Commercial Officer Emirates, Adnan Kazim di Dubai, pada Kamis 4 November.