Ng Man-tat 'Paman Boboho' dan Sahabat Stephen Chow Meninggal: Film dan Memori yang Melekat Padanya
Ng Man-tat (Sumber: IMDB)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor legendaris Hong Kong Ng Man-tat meninggal dunia pada Sabtu, 27 Februari. Ng Man-tat wafat di usia 70 tahun setelah menderita kanker hati. Perjuangan salah satu legenda komedi Asia paling berjasa itu selesai. 

Dilansir Hong Kong Standard, salah satu teman dekat Ng Man-tat, Tenky Tin Kai-man mengatakan pemeran dalam film Shaolin Soccer, King of Comedy, dan trilogi God of Gamblers itu meninggal di Rumah Sakit Union pukul 17.16 waktu setempat.

Ng Man-tat dikatakan meninggal di tengah keluarganya, termasuk istri, anak dan saudara kandungnya yang menemani Ng Man-tat di ranjang.

"Dia meninggalkan kami dengan damai. Dokter telah meresepkan obat untuk membuatnya merasa lebih baik, dia meninggal dalam tidurnya," kata Tin.

Tentang Ng Man-tat

Ng Man-tat memulai karier di usia 22 tahun pada 1973. Ia dikenal karena perannya dalam berbagai film komedi.

Ng Man-tat kerap bermain bersama pahlawan komedi Asia lainnya, Stephen Chow. Selain tiga judul di atas, keduanya bermain bareng di film masyhur lain, seperti The Final Combat dan The Justice of Life.

Pada tahun 1991, Ng Man-tat dianugerahi penghargaan Aktor Pendukung Terbaik Penghargaan Film Hong Kong untuk perannya dalam A Moment of Romance. Di film itu Ng Man-tat bermain bersama Andy Lau.

Ng Man-tat juga menerima beberapa nominasi untuk aktingnya di film lain, termasuk Penghargaan Film Hong Kong dan Penghargaan Kuda Emas Taiwan. Di memori masa kecil generasi 90-an, Ng Man-tat kerap ditemukan dalam film-film Boboho. Ng Man-tat bahkan banyak dikenal sebagai 'Paman Boboho'.

Ng Man-tat telah berjuang dengan kondisi kesehatan yang memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2014, dia dilarikan ke rumah sakit karena masalah pernapasan, dan kemudian didiagnosis mengalami gagal jantung.

Sahabat Ng Man-tat, Stephen Chow bahkan sempat menggalang dana untuk membantu pengobatan Ng Man-tat.

BERNAS Lainnya