Rekomendasi 5 Film Keluarga untuk Ditonton di Imlek 2024
Everything Everywhere All at Once (A24)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, 10 Februari diperingati sebagai perayaan Tahun Baru Imlek. Perayaan tahun baru Imlek selalu dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa.

Tahun 2024 diperingati sebagai Tahun Naga, di mana naga dalam budaya Tiongkok melambangkan kemakmuran, keberuntungan serta kemurahan hati.

Sebagai malam pergantian tahun, ada berbagai cara yang dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek mulai dari berbagai angpao, berkumpul dengan keluarga besar, makan bersama, hingga menonton film bersama keluarga.

Simak rekomendasi 5 film yang bisa disaksikan dalam libur Imlek 2024 ini:

Everything Everywhere All at Once (2022)

Film ini menceritakan seorang imigran yang mengalami perubahan dalam dunianya. Evelyn Wang (Michelle Yeoh) bersama suaminya, Waymond (Ke Huy Quan) menjalani bisnis laundry di Amerika Serikat. Suatu hari, Waymond membawa berkas cerai agar mereka bisa membicarakan pernikahan mereka.

Evelyn sedang disibukkan dengan persiapan Tahun Baru Imlek karena ayahnya akan mengunjungi keluarganya. Evelyn juga harus melapor pajak karena bisnisnya terancam tutup. Bersama Waymond, mereka menemui Deirdre (Jamie Lee Curtis) yang ternyata mengubah dunia keduanya.

Joy Luck Club (1993)

Film The Joy Luck Club adalah sebuah klub bernama sama yang didirikan keempat wanita di San Fransisco: Lindo Jong (Tsai Chin), Ying Ying St. Clair (France Nuyen), An-Mei Hsu (Lisa Lu), dan Suyuan Woo (Kieu Chinh). Keempatnya pindah dari China, menikah, dan melahirkan anak mereka di Amerika.

Mereka sering berkumpul untuk bermain mahjong bersama. Film ini menceritakan dunia para wanita sebagai sahabat dan seorang ibu yang berkembang kepada generasi berikutnya.

All’s Well, Ends Well (1992)

Film romansa klasik ini menjadi salah satu film Stephen Chow yang ikonik. All’s Well, Ends Well mengisahkan tiga kakak beradik Shang. Shang Moon (Raymond Wong) adalah si sulung yang menjadi pebisnis dan memperlakukan istrinya semena-mena. Anak tengah bernama Shang Foon (Stephen Chow) adalah seorang DJ yang playboy.

Lalu ada Shang So (Leslie Cheung), si bungsu yang merupakan instruktur tari. Konflik dimulai ketika istri Moon meninggalkannya untuk bekerja di tempat karaoke, Foon memiliki hubungan dengan seorang perempuan yang terobsesi dengan film dan selalu memperagakan karakter dalam film.

Reunion Dinner (2022)

Li Chao Yang (Lawrence Wong) dan Liu Zi Hong (Cya Liu) hendak mengerjakan proyek iklan. Suatu hari, kliennya minta agar keduanya mengubah konsep menjadi siaran langsung ketika mereka makan malam di malam ahun Baru. Walau keduanya sedang mempersiapkan pernikahan, namun mereka belum bertemu dengan orang tua masing-masing.

Chao Yang memiliki hubungan yang buruk dengan ibunya, sehingga ia merekrut sekumpulan aktor yang menjadi keluarga besarnya. Film ini memotret kehidupan keluarga seiring dengan masa lalu mereka.

Last Train Home (2009)

Film Last Train Home merupakan film dokumenter yang menceritakan 130 juta masyarakat China yang kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Imlek. Fenomena ini diberi nama Chunyun dan disebut sebagai imigrasi terbesar yang dilakukan masyarakat.

Beberapa orang menceritakan perjuangan mereka meninggalkan rumah demi mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan keluarga mereka.