Pantauan Netray Terkait Pembahasan SNBT 2023
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) di Universitas Airlangga. (Universitas Airlangga/Feri Fenoria R)

Bagikan:

JAKARTA – Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2023 yang terbit pada 20 Juni lalu menjadi pembahasan hangat di media massa daring dan YouTube. Netray Media Monitoring menemukan 739 artikel dari 108 media yang menuliskan topik ini, serta 160 unggahan video YouTube.

Netray memantau pembahasan yang sebelumnya dikenal sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tersebut selama 9 hari dari 16-24 Juni 2023 dengan menggunakan kata kunci SNBT.

Sejak hari pertama pemantauan, sejumlah media massa sudah mulai memberitakan UTBK SNBT 2023, misal mengenai cara mengecek pengumuman SNBT hingga mengunduh sertifikat. Intensitas pemberitaan kemudian mulai meningkat drastis pada 19 Juni hingga hari pengumuman. Setelah itu, melandai hingga akhir periode pemantauan.

“Terpantau kata pesertautbk dan universitas menjadi kosakata yang paling populer sepanjang periode pemantauan. Ini terkait dengan para peserta UTBK yang telah lolos tes dan diterima di berbagai universitas di Indonesia,” tulis Netray dalam laporannya pada 28 Juni 2023.

Seperti Universitas Jember yang mengumumkan telah menerima 4.279 orang dari 27.566 pendaftar lolos seleksi ujian UTBK. Sedangkan UGM menerima 2.826 calon mahasiswa baru dari 59.412 pendaftar.

Statistik pemberitaan SNBT 2023. (Netray)

Kosakata jalurmandiri, dan pukul juga menghiasi pemberitaan. Ini terkait universitas yang membuka jalur mandiri, sebagai alternatif apabila tidak lolos SNBT atau pun ingin memilih jurusan dan universitas yang berbeda.

Sedangkan kosakata pukul meningkat karena viralnya video perempuan bernama Kristina Arrang yang tampak dipukul oleh tantenya karena berhasil lolos SNBT. Tante berjanji akan membiayai kuliah asal ia diterima di jurusan akuntansi, tetap realitasnya Kristina justru diterima di jurusan sosiologi, Universitas Tadulako, Palu. Inilah yang membuat tante menjadi ringan tangan kepada Kristina.

“Juga beredar isu liar soal calon mahasiswa yang telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak dapat mendaftar lagi pada tahun berikutnya di PTN lain. Namun, Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mengatakan isu ini adalah kabar bohong belaka,” tulis Netray.

Selain kosakata populer, Netray juga mengamati institusi atau organisasi apa saja yang kerap muncul dalam pemberitaan. Pertama adalah panitia SNPMB yang disebut dalam 186 artikel.

Lalu, Universitas Indonesia yang disebut dalam 91 artikel. Sudut pandang berita terkait ini sangat beragam mulai dari PTN yang membuka jalur mandiri hingga calon mahasiswa baru yang mendapat nilai tertinggi di UI.

Ketiga, Universitas Airlangga yang disebut dalam 85 artikel. Berita terkait ini juga ditulis dari beragam sudut padang. Semisal, Universitas Airlangga disebut sebagai PTN vokasi yang banyak diminati. Serta, calon mahasiswa lintas jurusan yang harus mengikuti kuliah matrikulasi untuk meminimalisasi risiko yang terjadi ke depannya.

“Adapun untuk portal berita yang paling sering mengabarkan soal SNBT adalah Kompas dengan 106 artikel. Terpaut jauh di urutan selanjutnya terdapat Sindonews sebanyak 56 artikel dan Tribun Pontianak sejumlah 52 artikel,” ucap Netray.

Pantauan di YouTube

Tak hanya pemberitaan media massa daring, pada periode tersebut Netray juga mengamati isu SNBT 2023 di kanal YouTube dengan menggunakan kata kunci yang sama pula.

Hasilnya, ada 160 unggahan video yang telah ditonton hingga 464,5 ribu kali dan memperoleh 15 ribu likes serta 1.228 komentar.

Unggahan video yang berisi konten soal SNBT 2023 itu baru muncul pada 19 Juni 2023. Kontennya mulai dari doa bersama jelang pengumuman hingga hal yang harus dilakukan sebelum pengumuman SNBT 2023. Kemudian unggahan mulai meningkat pada hari pengumuman tanggal 20 Juni kemudian memuncak pada 21 Juni.

Kanal terpopuler adalah kanal SNPMB BPPP, akun resmi Badan Pengelola Pengujian Pendidikan Kemdikbud yang memperoleh impresi berupa likescomments, dan shares sebanyak 119.140 kali. Lalu, kanal berita Tribun Jatim Official dengan 51.267 impresi dan akun personal Rizki Hasibuan dengan 29.139 impresi.

Unggahan YouTube terkait SNBT 2023. (Netray)

Sedangkan video terpopuler yang paling banyak dilihat adalah video unggahan kanal SNPMB BPPP berjudul ’Konferensi Pers Hasil Seleksi Jalur SNBT Tahun 2023’ yang berhasil meraih 113 ribu views, 75 komentar dan 3,8 ribu likes.

Video terpopuler berikutnya diunggah kanal berita Tribun Jatim Official yang memperlihatkan anak perempuan tampak dimarahi dan dipukul karena lolos UTBK SNBT 2023. Kejadian ini sontak mendapat banyak perhatian pegiat media sosial.

“Dilihat sebanyak 51,3 ribu kali, disukai sebanyak 248 kali dan mendapat 49 komentar. Komentar diwarnai sentimen negatif,” Netray menutup laporannya.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.