Laporan Netray Soal KTT ASEAN 2023: Sentimen Negatif Tak Pengaruhi Kesuksesan Acara
Presiden Jokowi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada 10 Mei 2023. (Antara /Rivan Awal Lingga/foc)

Bagikan:

JAKARTA – Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 10-11 Mei 2023 berjalan sukses. Tak hanya mampu menyambut delegasi dan para kepala negara dengan maksimal, event ini juga menjadi wadah mempromosikan budaya, kuliner, dan keindahan alam Labuan Bajo ke mata internasional.

Bahkan, Kemenparekraf meyakini bakal ada 300-350 ribu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Labuan Bajo pasca perhelatan KTT ke-42 ASEAN.

Perbincangan masyarakat di media sosial Twitter mengenai KTT ASEAN 2023, menurut pantauan Netray, juga sangat baik. Dari 51,2 ribu twit yang ditemukan, mayoritas menyuarakan sentimen positif. Hanya ratusan twit saja yang bersentimen negatif.

Perbincangan sentimen positif diwarnai oleh cuitan Presiden Jokowi dan para menterinya yang turut serta dalam konferensi ini. Cuitan dari Presiden Jokowi mengenai usainya pelaksanaan KTT ASEAN 2023 menjadi twit bersentimen positif terpopuler selama perbincangan.

Kapolri @ListyoSigitP juga turut mengapresiasi timnya atas semangat dalam mengamankan KTT ASEAN sehingga berjalan aman dan kondusif.

Presiden Jokowi mengajak para pemimpin ASEAN menikmati keindahan Labuan Bajo menggunakan kapal pinisi pada 10 Mei 2023. (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Sementara, cuitan bersentimen negatif muncul dari akun @Dandhy_Laksono. Dandhy mencuitkan soal para peserta KTT ASEAN yang bisa menikmati hotel bintang lima dan jalan yang mulus, tetapi ada rakyat yang belum mendapat ganti rugi atas lahannya yang telah dipakai untuk kepentingan acara ini.

“Dhandy juga menyoroti soal warga Manggarai Barat yang berniat demo menuntut haknya justru mendapat tekanan dan dilaporkan ke polisi,” tulis Netray dalam laporannya pada 26 Mei 2023.

Netray mengamati perbincangan KTT ASEAN 2023 sejak 7-13 Mei 2023 dengan menggunakan kata kunci ktt asean && labuan bajo serta asean && summit. Penggunaan kata kunci ini mampu menghasilkan impresi sebanyak 3,6 juta kali dan berpotensi menjangkau hingga 172,9 juta akun.

Puncak perbincangan terjadi pada 13 Mei 2023. Pada tanggal tersebut, twit yang menyuarakan dukungan Telkom terhadap suksesnya KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo mendominasi. Dalam twit-twit ini, pegiat Twitter menggunakan tagar #AktivitasTanpaBatas, #TelkomDukungKTTASEAN2023 dan #ElevatingYourFuture.

“Untuk nama-nama tokoh, selain Jokowi, nama Puan Maharani, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, dan Moeldoko juga banyak disebut dalam perbincangan,” kata Netray.

Puan disebut dalam sejumlah twit dengan narasi soal pentingnya perlindungan keselamatan pekerja migran Indonesia dan tindak pidana perdagangan orang.

Sementara, Erick muncul bersama Wishnutama dan Chef Arnold karena diberi tanggung jawab menyukseskan KTT ASEAN 2023. Erick bertugas mengembangkan kawasan terpadu seperti membangun pelabuhan dan hotel.

“Hal ini seperti yang dicuitkan oleh @YRadianto dan @denni_sauya. Adapun tagar yang digunakan warganet ketika menuliskan tweet soal Erick adalah #GanjarErickDuetTerbaik,” Netray melanjutkan.

Pemberitaan Media Daring

Tak hanya melalui perbincangan masyarakat, Netray juga memantau perhelatan KTT ASEAN 2023 melalui kanal pemberitaan media daring. Dengan menggunakan kata kunci dan periode pemantauan yang sama ditemukan 2.946 artikel dari 250 media membahas KTT ASEAN 2023.  Dari jumlah itu kategori yang mendominasi pemberitaan yakni pemerintahan, keuangan, dan pariwisata.

Intensitas pemberitaan media massa sudah mulai meningkat sejak sebelum acara tersebut dimulai. Puncaknya terjadi pada 10 Mei 2023 atau hari kedua KTT ASEAN berlangsung dan mulai menurun hingga akhir periode pemantauan.

Kemudian, Netray mengamati pembahasan apa yang banyak dituliskan oleh media daring melalui kosakata populer. Kata ‘labuan’, ‘bajo’ dan ‘indonesia’ menjadi kata yang paling banyak disebut dalam pemberitaan sebagai tempat berlangsungnya acara.

Selain itu, kata ‘ekonomi’, ‘umkm’, dan ‘listrik’ juga menjadi bahasan yang cukup menonjol. Kata ekonomi, tercermin dalam berita antisipasi kenaikan harga pangan global serta penguatan konektivitas pembayaran regional dan transaksi mata uang lokal masing-masing negara atau dedolarisasi. Seperti yang diberitakan oleh Pakuan Raya dan Akurat.

Sedangkan kata ‘umkm’ membahas soal pelaku usaha UMKM yang ikut serta, mulai dari UMKM makanan hingga kain tenun. Kurang lebih 50 UMKM turut serta dan meraup banyak keuntungan dari acara ini. Kisah ini seperti yang diberitakan oleh Ayo Jakarta dan Detik.

Perbincangan KTT ASEAN 2023 di Twitter. (Netray)

Lalu, kata ‘listrik’ banyak diberitakan terkait PLN yang menghadirkan listrik tanpa kedip guna mendukung perhelatan internasional ini. Listrik yang dihasilkan berasal dari energi ramah lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Ulumbu. Tak hanya itu, PLN juga mengisi daya 371 kendaraan listrik yang digunakan untuk operasional selama acara.

Menilik kategori top facilities, terlihat bahwa Hotel Meruorah menjadi tempat yang paling banyak disebut dalam 423 berita. Hotel milik BUMN yang baru dikembangkan pada tahun 2019 ini menjadi venue utama KTT. Fakta menariknya adalah hotel ini dulunya merupakan pelabuhan tua. Seperti tampak yang diberitakan oleh Kompas.

Sedangkan untuk top portal yang memberitakan KTT ASEAN ke-42 ini, Kompas menjadi portal berita yang paling banyak menghasilkan berita dengan 186 artikel, disusul Detik dengan 164 artikel dan Tribun News 144 artikel.

Di balik kesuksesan tersebut, seperti yang diutarakan ketika membuka KTT ASEAN 2023, Presiden Jokowi berharap 10 negara ASEAN bisa bersatu. Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan.

Akun terpopuler dalam perbincangan KTT ASEAN 2023. (Netray)

“Kita punya aset kuat sebagai epicentrum of growth. Ekonomi yang tumbuh jauh di atas rerata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga,” kata Jokowi.

Sehingga ke depan ASEAN harus semakin memperkuat integrasi ekomominya, mempererat kerja sama inklusif, termasuk implementasi RCEP, dan memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi, dan stabilitas keuangan.

“Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” imbuh Jokowi.