Johnny Depp dan Will Smith Tokoh Terpopuler Google Trends Global 2022: Bukan Soal Prestasi, tapi Sensasi
Johnny Depp dan Amber Heard saling gugat. Pada 1 Juni 2022, para juri persidangan Virginia memutuskan Amber Heard terbukti telah mencemarkan nama baik Johnny Depp dan harus membayar ganti rugi sebesar Rp150 miliar. (Yahoo)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Johnny Depp menjadi tokoh terpopuler yang masuk dalam daftar Google Trends Global selama 2022. Pencarian dengan kata kunci ‘Johnny Depp’ di Google meningkat pada periode 24-30 April dan 29 Mei-4 Juni, baik dalam pencarian web, berita, gambar, maupun video YouTube.

Pada periode tersebut, Johnny Depp memang tengah menjalani sidang di Pengadilan Faifax County, Virginia. Pemeran Jack Sparrow dalam film Pirates of The Caribbean menggugat mantan istrinya yang juga berprofesi sebagai artis peran, Amber Heard atas tuduhan pencemaran nama baik.

Kasus bermula dari tulisan opini Heard di Washington Post pada Desember 2018. Heard merinci kisahnya ketika mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Dia memang tidak menyebutkan nama Depp dalam tulisannya, tetapi pembaca bisa langsung menafsirkan siapakah sosok yang dimaksud Heard.

Terlebih, saat masih berstatus suami istri, Depp dan Heard memang pernah berseteru. Heard, pada Mei 2016, sampai meminta perlindungan kepada hakim Los Angeles untuk menjauhkannya dari Depp tak lama dia mengajukan gugatan cerai.

Johnny Depp dan Amber Heard saat masih berstatus suami istri, menghadiri BFI London Film Ferstival di Odeon Leicester Square, London pada 11 Oktober 2015. (Vox/Mike Marsland/WireImage)

Setelah tulisan opini itu muncul, kehidupan Depp mulai terganggu. Sejumlah media santer memberitakan kekerasan yang dilakukan Depp terhadap pemeran Mera dalam film Aquaman itu.

Depp, pada Juli 2020, sempat menggugat penerbit dan editor eksekutif The Sun dari News Group Newspaper atas pemberitaan yang terlalu menyudutkannya meskipun akhirnya Depp kalah.

Kekalahan itu membuat Depp semakin terpuruk. Image sebagai pelaku kekerasan dalam rumah tangga semakin melekat meski hal ini selalu dibantahnya. Bahkan, Warner Bross meminta Depp mundur dari perannya sebagai Grindelwald di film Fantastic Beasts 3.

"Saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya telah diminta untuk mengundurkan diri oleh Warner Bros dari peran saya sebagai Grindelwald di 'Fantastic Beasts' dan saya telah menghormati dan menyetujui permintaan itu," tulis Depp di akun instagramnya pada 6 November 2020.

Depp terus mencari celah untuk membersihkan namanya. Peluang itu akhirnya muncul di pengadilan Fairfax County, Virginia. Pengadilan menerima gugatan Depp terhadap Heard. Perseteruan di antara keduanya kemudian memanas setelah Heard juga menggugat balik Depp dengan tuduhan yang sama. Bila Depp menggugat Heard sebesar 50 juta dolar AS, Heard menggugat Depp dengan nilai dua kali lebih besar.

Daftar Google Trends Global 2022

Persidangan selebritas ini menyita perhatian masyarakat dunia. Satu persatu fakta pertikaian Depp dan Heard semasa masih berumah tangga terungkap. Pengacara Depp menunjukkan bukti rekaman CCTV perselingkuhan Heard dengan aktor James Franco dan miliarder Elon Musk.

Lalu, dalam persidangan berikutnya pada 26 April 2022, Pengacara Heard menunjukkan bukti rekaman suara berisi tindakan Depp yang menjadikan Heard sebagai asbak.

Namun, Depp membantahnya. Dia terus mengungkapkan tuduhan Heard kepadanya adalah kebohongan. Hingga akhirnya, pada 1 Juni 2022, para juri persidangan Virginia memutuskan Johnny Depp sebagai pemenang. Juri memutuskan Amber Heard terbukti telah mencemarkan nama baik Depp dan harus membayar ganti rugi sebesar 10,3 juta dolar Amerika.

Melansir Kompas.com, dukungan fans terhadap Johnny Depp terus mengalir, seiring dengan kemenangannya melawan Amber Heard pada sidang kasus pencemaran nama baik. Kata kunci Johnny Depp bahkan masuk jajaran trending topic Twitter dengan lebih dari 1,19 juta twit. Penggemar dari seluruh dunia silih berganti menuliskan twit dukungan dan ucapan selamat kepada Johnny Depp.

Insiden di Academy Awards

Tokoh terpopuler di urutan kedua dalam Google Trends Global 2022 adalah aktor Will Smith. Pencarian dengan kata kunci ‘Will Smith’ di Google mencapai puncaknya pada periode 27 Maret-2 April 2022.

Aksi Will Smith menampar komedian Chris Rock di atas panggung Oscar 2022 viral pada 27 Maret lalu. Smith tidak terima dengan candaan Rock soal istrinya, Jada Pinkett.

Chris Rock, saat itu, sedang membacakan nominasi Oscar untuk film dokumenter. Seperti dilansir dari Variety, Chris Rock dalam candaannya membandingkan Pinkett dengan Demi Moore yang menggunduli rambutnya untuk bermain di film G.I Jane. Pinkett yang juga tampil gundul, disarankan oleh Chris Rock berakting di sekuel film G.I Jane.

"Jada aku mencintaimu, G.I. Jane 2 tidak sabar untuk melihatnya," canda Rock.

Awalnya, Will Smith hanya tersenyum. Namun, dia tiba-tiba langsung naik ke atas panggung dan menampar Chris Rock. Aksi ini menghebohkan semua orang yang hadir di Dolby Theatre, Los Angeles, California.

“Jangan sebut-sebut istri saya!” timpal Smith saat duduk kembali ke kursinya bersebelahan dengan Pinkett.

Will Smith menampar Chris Rock saat perhelatan Academy Awards ke-94 di Dolby Theatre, Los Angeles, California pada 27 Maret 2022. Dia tak terima candaan Chris Rock terhadap istrinya yang sedang mengidap gejala Alopecia. (Twitter/@CumhuriyetYasam)

Beberapa bulan sebelumnya, Jade Pinkett merilis video di akun Instagram pribadinya tentang gejala penyakit yang dialaminya. Dia diketahui mengalami gejala Alopecia sejak 2018, kondisi autoimun yang menyebabkannya mengalami kerontokan rambut.

Dalam pidatonya saat menerima penghargaan sebagai Aktor Terbaik Oscar 2022, pemeran utama film King Richard ini langsung meminta maaf kepada The Academy dan nominator lain. Namun, permintaan maafnya kepada Chris Rock baru dilakukan lewat instagram, keesokan harinya.

Insiden tersebut sempat viral. Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences sampai melakukan pembahasan khusus terkait dampak dari perbuatan Smith terhadap Chris Rock di atas panggung Oscar 2022.

Smith siap menerima semua konsekuensi atas perilakunya. Dia pun menyadari tindakannya saat presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Smith memutuskan mengundurkan diri dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

“Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang. Dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang terkasih saya, semua yang hadir, dan pemirsa global di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Akademi. Saya menghilangkan nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan pekerjaan mereka yang luar biasa. Saya bersedih hati,” ucap Will Smith lewat pernyataan resmi seperti dilansir CNN, Jumat (1/4) waktu Amerika Serikat.

"Saya mengundurkan diri dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan. Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen melakukan pekerjaan untuk memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan menyalip akal sehat," Will Smith menandaskan.